Sukses

Pemerintah Ngotot Gelar Kongres PSSI di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Perseteruan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan PSSI rupanya belum reda. Setelah mencabut pembekuaan organisasi, kini riak kembali terdengar lantaran penentuan tempat diselenggarakannya Kongres PSSI.


Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi menegaskan pemerintah tetap ingin penyelenggaraan Kongres Luar Biasa PSSI dilaksanakan di Yogyakarta. Keputusan itu juga sudah disampaikan melalui surat bernomor S 844/MENPORA/IX/2016.

"Pemerintah tetap minta di Yogyakarta," ujar Imam di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Politisi PKB itu tidak menjamin bila PSSI memaksakan tempat di Makassar, Sulawesi Selatan, kongres akan berjalan dengan lancar. Sebab, penyelenggaraan event besar seperti itu butuh izin dari berbagai pihak.

"Silakan, itu ranah kepolisian yang berikan izin. Pemerintah tetap di Yogyakarta karena PSSI lahir di Yogya," katanya.

Imam juga belum bisa menebak apa yang terjadi bila Kongres Luar Biasa PSSI tetap diselenggarakan di Makassar. Dia juga tidak menutup mata ada penolakan dari internal PSSI bila kongres digelar di Yogyakarta.

"Ya kita lihat saja besok akan seperti apa," pungkas dia.

1 dari 2 halaman

Pilihan KLB

PSSI berkeinginan menggelar Kongres Tahunan di Makassar pada 17 Oktober bulan depan. Pemilihan Makassar sebagai tuan rumah sesuai dengan usulan para peserta Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 3 Agustus lalu.

Namun demikian, Pemerintah tertanggal 9 September 2016 mengeluarkan surat bernomor S 844/MENPORA/IX/2016 merekomendasikan PSSI untuk menggelar kongres di Yogyakarta. Surat itu dikeluarkan menanggapi surat permohonan rekomendasi penyelenggaraan Kongres Tahunan, yang diajukan PSSI pada Kemenpora pada 16 Agustus 2016.

Dalam surat balasannya, pemerintah memilihkan Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan kongres, bukan Makassar. Pemerintah pun tidak akan memberikan rekomendasi penyelenggaraan jika PSSI ngotot berkongres di Makassar.

Hinca juga mengungkapkan, PSSI sebetulnya telah berkomunikasi dengan pemerintah terkait tempat kongres di Makassar. Menurut Hinca, semua sudah dijelaskan kepada Kemenpora mengapa Makassar akhirnya dipilih menjadi tempat berlangsungnya Kongres PSSI pada 17 Oktober 2016.

Perwakilan Makassar sebelumnya mengajukan diri pada KLB PSSI di Ancol, 3 Agustus 2016, untuk menggelar Kongres PSSI 17 Oktober 2016. Namun, baru pada 11 Agustus 2016, rapat Exco PSSI akhirnya menunjuk Makassar sebagai tempat penyelenggaraan Kongres, terutama karena saat itu tidak ada daerah lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Kongres PSSI.

Video Populer

Foto Populer