Sukses

5 Kartu Merah Tercepat di Inggris: Ada yang Dua Detik

Cukup banyak pemain yang mendapat kartu merah ketika laga belum genap satu menit.

Liputan6.com, Jakarta-- Kartu merah menjadi sesuatu yang dihindari setiap pesepakbola di seluruh dunia. Jika kartu merah sampai dilayangkan wasit, sebuah tim akan sangat rugi. Mereka harus kehilangan satu pemain.

Pelatih juga akan pusing tujuh keliling seandainya dalam sebuah pertandingan ada pemainnya yang terkena kartu merah. Strategi yang sudah disiapkan bakal berantakan dengan adanya kartu merah.

Sebuah tim akan lebih menderita jika pemainnya menerima kartu merah di awal pertandingan. Sudah terjadi beberapa kali wasit terpaksa melayangkan kartu merah saat pertandingan belum genap berjalan satu menit.

Berikut lima kartu merah yang pernah diberikan wasit di tanah Inggris:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lee Todd (dua detik)

1. Lee Todd (dua detik)

Rekor kartu merah tercepat di tanah Inggris dipegang Lee Todd. Dia mendapat kartu merah saat pertandingan baru berjalan dua detik saat Cross Park Farm Celtic melawan Taunton East Reach Wanderers tahun 2000.

Menariknya, Todd diusir wasit bukan karena melakukan pelanggaran brutal. Dia diganjar kartu merah karena memaki wasit yang memimpin pertandingan.

Todd bereaksi spontan memaki wasit karena suara peluit yang ditiup mengganggu dirinya. Sebab saat wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai Todd berada di dekat sang pengadil.

Mendengar makian dari Todd, wasit langsung menggirimnya ke ruang ganti.

3 dari 6 halaman

2. David Pratt (3 detik)

2. David Pratt (3 detik)

Kartu merah tercepat kedua di Inggris didapat David Pratt. Dia diusir wasit pada detik ketiga pertandingan antara Chippenham Town melawan Bashley. Kejadian ini terjadi tahun 2009.

Pratt langsung diusir wasit karena melakukan tekel brutal dengan dua kaki tepat setelah kick-off dilakukan.

Wasit menilai apa yang dilakukan Pratt berbahaya sehingga memberikan kartu merah langsung. Pratt tidak memprotes keputusan wasit dan langsung meninggalkan lapangan.

4 dari 6 halaman

3. Preston Edwards (12 detik)

3. Preston Edwards (12 detik)

Kiper Ebbsfleet United Preston Edward menempati posisi tiga kartu merah tercepat di Inggris. Preston sudah harus meninggalkan lapangan kala pertandingan baru berjalan 12 detik.

Nasib apes yang dialami Preston terjadi karena kesalahan salah seorang bek Ebbsfleet yang melakukan backpass.

Akibat backpass tersebut, Preston tidak memiliki pilihan lain selain melanggar penyerang Farnborough sehingga wasit mencabut kartu merah.

5 dari 6 halaman

4. Keith Gillespie (12 detik)

4. Keith Gillespie (12 detik)

Keith Gillespie mendapat kartu merah hanya 12 detik setelah pertandingan dimulai saat melawan Reading pada tahun 2007.

Mantan pemain Newcastle United itu mendapat kartu merah ketika membela Sheffield United. Penyebab Gillespie diusir karena menyikut Stephen Hunt.

Gillespis tidak dapat mengendalikan emosinya saat terjadi perselisihan dengan Hunt seputar lemparan ke dalam dan langsung melayangkan sikutan.

6 dari 6 halaman

5. Kevin Pressman (13 detik)

5. Kevin Pressman (13 detik)

Nasib apes dialami kiper Sheffield Wednesday Kevin Pressman saat bertemu Wolverhampton Wanderers tahun 2000 lalu. Pressman cuma bisa bermain selama 13 detik di laga tersebut.

Wasit mengusir Pressman di detik ke-13 karena menganggap sang penjaga gawang sengaja menyentuh bola dengan tangannya di luar kotak penalti Sheffield.

Seorang kiper memang dilarang memegang bola di luar kotak penalti. Namun biasanya wasit cukup memberikan kartu kuning saja bila situasi tidak terlalu berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini