Sukses

6 Pernyataan Kontroversial Mino Raiola

Mino Raiola merupakan agen dari sejumlah pemain terkenal, seperti Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Mino Raiola sebagai agen pemain kian terkenal usai memuluskan kepindahan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United (MU) di bursa transfer musim panas 2016. Kepindahan Pogba menjadikan gelandang Timnas Prancis tersebut menjadi pemain termahal dunia, yakni dengan nilai transfer 89 juta pound atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Raiola dikenal sebagai agen yang sangat mengutamakan pemain dibanding keinginan klub. Tak heran, jika pria yang memulai kariernya sebagai agen pemain di Sports Promotion ini dibenci sejumlah klub.

Tapi, Raiola sangat disenangi pemain. Banyak pemain yang menjadi kliennya. Selain Pogba, pemain yang menjadi klien Raiola antara lain Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Henrikh Mkhitaryan, Blaise Matuidi, dan lainnya.

Wajar, jika Raiola berada di barisan terdepan jika kliennya disia-siakan klub. Salah satunya adalah pernyataannya menyerang legenda Barcelona Johan Cruyff dan Pep Guardiola terkait Ibrahimovic.

Berikut 6 pernyataan kontroversial Mino Raiola seperti dinukil dari tfb90.com:

1. Ibrahimovic Tidak akan Pensiun di MU

Striker Manchester United Zlatan Ibrahimovic (Reuters / Darren Staples Livepic)

Setelah kontraknya berakhir di Paris Saint-Germain pada Juli 2016, Zlatan Ibrahimovic memutuskan pindah ke Manchester United (MU). Striker 34 tahun itu bergabung dengan status bebas transfer.

Namun, MU ternyata bukan terakhir yang akan dibela Ibrahimovic. Awal September ini, Mini Raiola menyatakan kliennya itu ingin mengakhiri kariernya di Napoli.

"Yang bisa saya katakan adalah di pertandingan perpisahan Ciro Ferrara di San Paolo, Zlatan menelepon saya dan mengatakan kepada saya: 'Mino, saya ingin mengakhiri karier saya di Naples'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Sebut Arsenal Tidak Punya Nyali

2. Sebut Arsenal Tidak Punya Nyali

Arsene Wenger (Reuters / Andrew Couldridge)

Arsenal mungkin bisa mendatangkan pemain yang diageni Mino Raiola pada bursa transfer musim panas 2016. Tetapi, hal itu ternyata tidak dilakukan klub Inggris tersebut.

Raiola pun mempertanyakan keberanian Arsenal di bursa transfer. "Ini bukan tentang kasus menghabiskan uang. Ini memikul tanggung jawab menghabiskan uang itu dan berkata: 'Ya, ini adalah laki-laki saya'. Arsenal memiliki uang, tapi apakah mereka punya nyali?" ucap Raiola.

3 dari 6 halaman

3. Ferguson Salah Soal Pogba

3. Ferguson Salah Soal Pogba

Sir Alex Ferguson (FABRICE COFFRINI / AFP)

Mantan Manajer Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson pernah mengatakan bahwa dia dan Mino Raiola seperti minyak dan air. Pernyataan itu dilontarkan Ferguson setelah bertemu dengan Raiola untuk membahas masa depan Paul Pogba saat pemain Timnas Prancis itu dalam proses meninggalkan MU pada 2012.

"Mungkin Ferguson hanya menyukai orang yang mentaati dia. Dari pernyataannya, saya mengerti bahwa Ferguson masih tidak memiliki petunjuk tentang Pogba sebenarnya. Ferguson adalah manajer yang sangat baik, tapi manajer terbesar kadang-kadang bisa salah," ujar Raiola.

4 dari 6 halaman

Semprot Legenda Timnas Inggris

4. Semprot Legenda Timnas Inggris

Garry Lineker (Paul Ellis/ AFP)

Kepindahan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2016 menempatkan gelandang Timnas Prancis itu sebagai pemain termahal di dunia. Pogba pindah ke MU dengan nilai transfer89 juta pound atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Legenda Timnas Inggris Gary Lineker menyebut nilai transfer Pogba terlalu kemahalan. Pernyataan Lineker langsung direspons Mino Raiola selaku agen Pogba.

"Ketika seseorang dibayar untuk berbicara tentang sesuatu, itu tidak berarti dia tahu apa yang ia bicarakan. Lineker adalah salah satu dari mereka," ucap Raiola.

5 dari 6 halaman

Nilai Juergen Klopp Bukan Pelatih Hebat

5. Nilai Juergen Klopp Bukan Pelatih Hebat

Manajer Liverpool Jurgen Klopp (Reuters)

Mino Raiola sangat dikenal melindungi kliennya. Salah satunya adalah Mario Balotelli. Striker asal Italia itu tidak mendapat tempat di Liverpool setelah masa peminjamannya di AC Milan berakhir.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp lantas menyarankan Balotelli untuk mencari klub baru. Raiola pun langsung angat bicara terkait pernyatan Klopp tersebut.

"Saya tidak akan menghakimi dia sebagai pelatih, bahkan bagi saya dia bukan pelatih yang hebat. Tapi, saya tidak berpikir dia menyadari bahwa kita sedang berbicara tentang seseorang. Mario adalah teladan, dia tidak pernah mengeluh bahkan ketika berlatih sendiri. Ini tidak cukup untuk mengatakan Klopp tidak adil -. dia sepotong sh * t," ujar Raiola.

6 dari 6 halaman

6. Serang Cruyff dan Guardiola

6. Serang Cruyff dan Guardiola

Pep Guardiola  (Reuters / Darren Staples)

Pada 2010, Mino Raiola secara terang-terang menyerang legenda Barcelona Johan Cruyff dan Pep Guardiola. Raiola naik pitam karena kliennya, Zlatan Ibrahimovic, tidak mendapatkan tempat di skuat utama di Barcelona.

"Cruyff dan Guardiola harus pergi ke rumah sakit jiwa bersama-sama, diam, dan duduk untuk bermain kartu," umpat Raiola saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini