Sukses

Kaki Lecet, Agus Prayogo Tambah Emas Jabar dari Nomor Lari 10 km

Agus Prayogo menyabet medali emas nomor lari 10 ribu meter putera pada PON Jabar 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu, (25/9/2016).

Liputan6.com, Bogor - Agus Prayogo menyabet medali emas nomor lari 10 ribu meter putera pada PON Jabar 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu, (25/9/2016). Agus menambah keping emas untuk Jawa Barat.

Pelari nasional kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini mencapai garis finis di urutan pertama dengan waktu, 30 menit 23,98 detik. Sedangkan, medali perak jatuh ke tangan atlet lari jarak jauh asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan. Dia terpaut waktu satu menit dari Agus dengan waktu 31: 36, 81. 

Medali perunggu sendiri jatuh ke tangan pelari untuk DI Yogyakarta, Nurshodiq dengan waktu 31: 41, 41. Agus langsung melesat sejak start dan meninggalkan lawan, bahkan atlet sekaligus anggota TNI AD ini mampu melakukan overlap para pesaing dengan jarak cukup jauh. 

Pada nomor ini, Agus bersaing dengan enam atlet lainnya: pelari yaitu Nurshodiq (DI Yogyakarta), Jauhari Johan (Sumsel), Wilder Karolis (Aceh), Surianto (Sulsel), dan Welman D Pasaribu (Sumut). 

Agus mengakui, level lawan yang berbeda membuat dia tidak kesulitan untuk memimpin lomba selepas start."Saya lihat kompetitornya kurang sehingga begitu star saya langsung lari sendirian bahkan sempat 'overlap'," kata dia.

Agus sendiri sempat merasa kesulitan untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan, karena kondisi kaki tidak memungkinkan."Memasuki putaran tujuh kilometer kaki kanan saya lecet sehingga saya tidak berani memaksakan diri karena saya masih akan turun satu nomor lagi yaitu lari maraton (42,195 kilometer)," kata suami dari Herlina Dewi Andhika itu kepada Antara.

Selain mematok target meraih emas, Agus berambisi memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan waktu 30: 11,01 detik. Sayang, tidak tercapai."Karena kondisi seperti ini (kaki lecet) maka saya hanya mengamankan medali emas saja," kata ayah dari Febyolla Az Zahra.

Agus menjamin, luka lecet di kaki tidak akan menganggu penampilan di nomor lari marathon pada Rabu, (28/9/2016). Dengan sisa waktu dua hari, dia optimisti luka bisa sembuh tepat waktu. 

Emas di nomor lari 10 ribu meter putera ini membuat anggota kesatuan Kodam III/Siliwangi ini berhasil merebut 2 emas di PON Jabar 2016. Agus telah mendapat emas di nomor lari 5 ribu meter.

Agus Prayogo kini menjalani  Pelatnas  untuk SEA Games 2017 Malaysia dan menjalani latihan di Bandung, Jabar.  Selain meraih dua medali emas SEA Games 2011, Agus juga meraih satu emas pada SEA Games 2009 Laos pada nomor lari 5.000 meter dan dua emas dan satu perak pada PON 2012 Riau. Ketika itu, Agus membela kontingen Jawa Tengah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini