Sukses

Bungkam Maluku Utara, Jabar Juara Futsal PON 2016

Liputan6.com, Bandung- Tim futsal Jawa Barat memaksimalkan status mereka sebagai tuan rumah PON 2016. Medali emas diamankan Jabar setelah menaklukkan Maluku Utara 2-1 pada final di GOR ITB Jatinangor, Senin (26/9/2016).

Sebagai tuan rumah, tak salah jika Jabar difavoritkan menjadi juara sejak awal. Itu yang membuat mereka tampil penuh percaya diri saat menghadapi Maluku Utara yang dilatih Muhammad Triyoga.

Terlebih, mereka mendapat dukungan penuh dari suporter setia mereka. Dari pantuan Liputan6.com, hanya satu bagian tribun yang diisi suporter Maluku Utara.

Meski begitu, Jabar sempat mengalami kebuntuan untuk mencari celah di pertahanan Maluku Utara. Bahkan, mereka justru terlihat sibuk menangkal serangan hebat Maluku Utara.

Untungnya, kiper Jabar, Irman Firmansyah, tampil heroik dengan menyelamatkan beberapa peluang Maluku Utara. Skor 0-0 pun bertahan hingga wasit Musthofa Umarella meniup peluit tanda jeda babak pertama.

Di babak kedua, keberuntungan mulai menaungi tuan rumah. Memasuki menit 24, mereka sukses memecahkan kebuntuan lewat aksi Dadang Prasetyo yang menjebol gawang kawalan Kikin Bayu Nurrahman.

Tak sampai semenit berselang, Jabar langsung menggandakan keunggulan. Kali ini adalah berkat kemampuan Reza Yamami yang mengecoh Kikin.

Setelah unggul 2-0, Jabar malah kembali menurunkan intensitas serangan mereka. Situasi itu dimanfaatkan tim tamu dengan menerapkan skema power play. Sayang, taktik itu baru membuahkan gol buat Maluku Utara saat laga tersisa 20 detik. Laga pun berakhir dengan kemenangan 2-1 Jabar.

"Ini berkat kerja keras semua pemain. Tanpa mereka, Jabar tak mungkin bisa meraih medali emas di sini. Saya punya rekan-rekan yang hebat di tim ini," tutur Arjuna Rinaldi, kapten futsal Jabar.

Sukses itu membuat Jabar mempertahankan tren kemenangan 100% mereka di PON 2016. Sebelumnya, tim asuhan Panca Pauji itu mampu menyapu bersih empat laga di Grup B.

Rincian kemenangan mereka adalah 3-2 atas Kalimantan Selatan, 4-0 atas Papua Barat, 5-1 atas Bali, dan 4-2 atas Maluku Utara. Di semifinal, mereka menyingkirkan DKI Jakarta lewat kemenangan 2-1.

Pada partai perebutan perunggu, Jawa Timur tampik sebagai pemenang. Di luar dugaan, Jatim yang kalah dari Maluku Utara di semifinal sukses mempecundangi DKI 6-1.

Enam gol Jatim dicetak Fandi Hidayat di menit 19, Faishal Ammar (26), Mohammad Fiqih Alwi (30), Anggi Yuga Prayuda (31, 32), dan Gusti Dian Ardianto (36). Sedangkan satu gol DKI dilesakkan Muhammad Fakhri Yoriko di menit 34.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini