Sukses

Hanna Ramadini Jaga Asa Tunggal Putri Jabar di PON 2016

Liputan6.com, Cirebon - Pebulutangkis tunggal putri Hanna Ramadini berhasil melangkah ke babak final PON Jabar 2016 usai menang atas Dinar Diyah Ayustine dari Jawa Tegnah, pada Selasa (27/9/2016). Tuan rumah Jawa Barat hanya menyisakan tunggal putri dan ganda putri yang diwakilkan oleh Hanna serta Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah.

Di tunggal putri Hanna berhasil menumbangkan atlet Jawa Tengah (Jateng), Dinar Diyah Ayustine lewat dua set langsung, 21-17 dan 21-11. Sementara, rekannya Gregoria Mariska Tanjung tak mampu lolos ke partai final usai dikalahkan atlet DKI Jakarta, Fitriani.

Laga semifinal Gregoria melawan Fitriani berlangsung ketat. Pada set pertama Gregoria berhasil mencuri poin, 21-14. Namun pada gim kedua dan ketiga Gregoria takluk dengan skor 18-21 dan 13-21.

Nasib berbeda diraih pasangan ganda putri Jabar Suci Rizki A dan Tiara Rosalia yang berhasil merebut tiket final. Suci / Tiara melenggang ke partai puncak dengan mudah setelah lawannya Gebby Rustiyani dan Ririn Amelia dari Banten tak mampu melanjutkan pertandingan.

Gebby / Ririn takluk 3-11 lantaran Gebby mengalami cedera di bagian lengannya. Di sisi lain, ganda putri lain milik Jabar Bunga Fitriani/Nisak Puji tak mampu menembus babak final. Bunga dan Nisak ditekuk oleh Anggia Shita / Della Destiara dari Jakarta dengan dua set langsung, yakni 18-21 dan 13-21.

(Panji Prayitno)

1 dari 3 halaman

Anthony Ginting Kalah, Tunggal Putra Jabar Habis

Tak satu pun tiket final berhasil diraih tim bulutangkis putra Jabar di PON 2016. Satu-satunya atlet tunggal putra tuan rumah, Anthony Sinisuka Ginting dikalahkan oleh unggulan DKI Jakarta, sekaligus rekannya di pelatnas PBSI Jonathan Cristie dengan dua set langsung, 19-21 dan 18-21.

Tak jauh berbeda, pasangan Berry Anggriawan/Hardianto takluk dari ganda putra DKI Jakarta, Angga Pratama/Markus Feranaldi. Berry / Hardianto kalah dua set langsung, 19-21 dan 19-21.

Ganda putra unggulan Jabar, Fajar Alfian dan Ricky Karanda Suwardi pun tumbang dari ganda putra Jateng, Kenas Adi dan Praven Jordan dengan du set langsung. Fajar dan Ricky takluk tanpa perlawan, 21-16 dan 21-14.

Atas hasil tersebut, Jabar hanya mempunyai peluang untuk meraih dua emas di nomor perorangan. Selain itu, Jabar harus puas dengan empat perunggu yang berhasil dikumpulkan.

Manager tim Jabar, Yudi Diharja mengakui, tak sedikit dari strateginya yang sudah direncanakannya meleset. Dirinya memprediksi, dua ganda putra mampu meraih tiket final. "Memang ada beberapa yang meleset. Ganda putra kita kan padahal unggulan, kemarin didua kali pertemuan, kita bisa menang. Tapi, kali ini kita lawan Jateng kalah," ungkapnya.

Ia menuturkan, kekalahan yang dialami atletnya dikarenakan faktor kelelahan. Pasalnya, atlet dipaksa bermain tanpa ada waktu pemulihan. "Atlet kita itu dinomor beregu kan bermain hingga final semua. Kemungkinan lainnya, lawan mampu bermain lebih lepas," jelasnya.

Ia berharap, atletnya yang berhasil loloos dilaga final mampu meraih kemenangan dan mampu menyumbangkan emas untuk Jabar. "Mudah-mudahan bisa. Semuanya sama-sama berat, peluangnya sama semua," ucapnya.

Sementara itu, Tiara Rosalia salah satu atlet Jabar mengatakan, dirinya bangga bisa berlaga dipartai final. Ia pun tak menyangka, Gebby dan Ririn yang menjadi lawannya di semifinal menyerah. "Ini rezeki," ucapnya seraya tersenyum.

(Panji Prayitno)

2 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan

Berikut hasil pertandingan hasil semi final Bulutangkis:

Ganda Campur.
Praveen Jordan dan Melati Daeva Okataviani (Jateng) VS Wahyu Navaka Arya dan Della Destiara Harris.
Skor : 22-28, 16-21, 21-15
Lukhi Apri Nugroho dan Gloria Emanuelle Widjaja ( Jateng)  VS Hafiz Faizal dan Shela Devi Aulia (DKI Jakarta)
Skor : 21-17, 22-24, 15-21.

Tunggal Putra
Jonatan Cristie (DKI Jakarta)  Vs Anthony Sinisuka Ginting (Jabar)
Skor : 21-19, 21-18

Wisnu Yuli Prasetyo (Jatim)  VS Ihsan Maulan Mustofa (Jateng)
Skor : 22-20, 9-21, 21-17

Tunggal Putri
Dinar Diyah Ayustine (Jateng)  VS Hanna Ramadini (Jabar)
Skor : 21-17, 21-11

Fitriani (DKI Jakarta) VS Gregoria Mariska (Jabar)
Skor :14-21, 21-18, 21-13

Ganda Putra
Angga Pratama dan Marus Feranldi Gidoen (DKI Jakarta) VS Berry Anggariawan dan Hardianto
Skor : 21-19, 21-19

Kenas Ado Haryanto dan Praveen Jordan (Jateng)  VS Fajar Alfian dan Ricky Karanda Suwardi (Jabar)
Skor : 21-16, 21-14

Ganda Putri
Gebby Rustiyani Imawan dan Ririn Amelia (Banten) VS Suci Rizki Andinu dan Tiara Rosalia Nuridah (Jabar)
Skor : 3-11

Anggia Shita Awanda dan Della Destiara Harris (DKI Jakarta) VS Bunga Fitriani Romadihini dan Nisak Puji Lestari (Jabar)
Skor : 21-18, 21-13