Sukses

Prediksi Final Sepak Bola PON Jabar: Incar Emas Paling Bergengsi

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Barat akan menghadapi Sulawesi Selatan di babak final PON XIX 2016, cabang olahraga sepak bola, Rabu (28/9/2016) malam nanti. Pertandingan yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang itu diprediksi akan berlangsung seru dan sengit karena kedua tim berambisi meraih medali emas paling bergengsi di ajang PON 2016.

Jabar memastikan diri melaju ke final usai mengalahkan Papua dengan skor telak 3-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Senin (26/9/2016). Pada laga ini, Jabar sempat tertinggal satu gol usai penyerang Papua, Freddy Jefferson mencetak gol pada menit ke-42.

Beruntung Jabar mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-43 lewat gol Erwin Ramdani (43'). Jabar bahkan berbalik unggul menjadi 3-1 lewat gol yang dicetak Febry (47') dan Gian Zola (60').

Keberhasilan Jabar menembus babak final dirasa menjadi hal yang wajar. Pasalnya, skuat asuhan Lukas Tumbuan itu memang memiliki performa apik yang konsisten sejak awal bergulirnya PON.

Pada fase Grup, Jabar berhasil menjadi tim pertama yang memastikan satu tiket semifinal PON 2016. Itu diraih setelah mereka sukses menyapu bersih semua kemenangan hingga mengoleksi sembilan poin.

Jika dilihat materi pemain yang dimiliki Jabar memang sangat kuat. Pasalnya, mereka dihuni oleh tiga pemain yang berasal dari klub Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Mereka adalah Gian Zola, Febri Hariyadi, dan M Natshir yang merupakan pemain Persib. Ada juga Abdul Aziz yang merupakan pilar Persiba Balikpapan.
1 dari 2 halaman

Tanpa Beban

Beralih ke sisi lawan, Jabar wajib mewaspadai kejutan yang bisa diberikan Sulawesi Selatan di partai puncak. Pasalnya, Sulsel dipastikan bakal tampil tanpa beban karena lolos ke final PON,  sudah melebihi target yang mereka bidik.

Selain itu, lolosnya Sulsel ke final juga merupakan sejarah baru karena ini pertama kalinya mereka lolos ke final PON di cabang sepak bola. Sulsel sendiri memiliki prestasi terbaik di PON dengan lolos ke babak semifinal pada PON 1996.

Sulsel memastikan lolos ke babak final usai menekuk Sumatera Selatan dengan skor akhir 2-0 pada babak semifinal di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (26/9/2016). Gol kemenangan Sulsel dicetak oleh kapten tim Adi Setyawan pada menit ke-57 dan 59.

Kesukesan Sulsel menembus final tak terlepas dari tangan dingin pelatih legendaris, Syamsuddin Umar. Umar tercatat pernah menakhodai PSM Makassar, Persita Tangerang, dan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

Pengalaman Umar menangani tim sepak bola Indonesia membuat dia sukses membangun kekompakan antarpemain. Apalagi, pekerjaan Umar juga sedikit dimudahkan karena Sulsel diperkuat dua pemain profesional yang berlaga di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo bersama PSM Makassar, yakni Fadlan Gupran dan Andri.

Sayangnya jelang bentrok melawan Jabar, Sulsel dibayangi oleh rekor buruk. Tercatat Sulsel sempat dua kali dikalahkan oleh Jabar. Pada dua laga tersebut, Sulsel takluk 0-1 dari Jabar pada laga ujicoba di Bali dan 2-4 pada 8 Besar.

Prakiraan susunan pemain:

Jawa Barat (4-4-2): M Natsir, Agil Munawar,Henhen Herdiana,Pian ‎Hadiansyah,Sugianto, Abdul Aziz, Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, Gian Zola Nugraha, Angga Febriyanto, Achmad Subagja

Sulawesi Selatan (4-4-2): Syaiful, Adi Setyawan, Nurhidaya, Abdul Aziz, Wasyiat Hasbullah, Asnawi Mangku Alam, Muh Alfuad, Fadlan Gufran, Andri, Ifan Wahyudi, Ifan Arfandi

(Yosef Deny Pamungkas)