Sukses

10 Fakta Menarik Jelang Jabar Vs Sulsel di PON Jabar 2016

Liputan6.com, Bandung - Jawa Barat (Jabar) akan menghadapi Sulawesi Selatan di babak final PON XIX 2016, cabang olahraga sepak bola,di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Rabu (28/9/2016).

Sebelum berlaga di final, kedua tim sempat bertemu pada babak kedua Grup D. Pada laga tersebut, Jabar sukses menekuk Sulsel dengan skor akhir 4-2 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

Gol-gol Jabar dicetak oleh Ramdani (7'), Nasrulloh (27' dan 86') dan Susanto (56'). Sedangkan Sulsel hanya mampu membalas lewat gol Amru (54') dan Setiawan (90+3').

Oleh sebab itu, Sulsel dipastikan sangat berambisi membalas kekalahan yang mereka derita di Grup D. Namun, sebelum menyaksikan laga tersebut ada baiknya menyimak 10 fakta menarik berikut ini:

1. Jawa Barat melaju ke final tanpa sekalipun merasakan kekalahan.

2. Jawa Barat menjadi klub dengan pertahanan terbaik di PON 2016 yakni baru kebobolan lima gol. Jawa Barat juga menjadi klub tersubur di PON 2016 dengan mencetak 11 gol.

3. Jawa Barat juga menjadi satu-satunya klub yang selalu menjadi juara Grup di babak pertama dan babak kedua.

4. Jabar diperkuat empat pemain profesional yang berlaga di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Tiga pemain berasal dari Persib Bandung, Gian Zola, Febri Hariyadi, dan M Natshir. Sedangkan Abdul Azis bermain untuk Persiba Balikpapan.

5. Jabar dilatih oleh Lukas Tumbuan, mantan pemain Persib Bandung pada 1982. Hingga saat ini, Lukas masih menjabat sebagai pelatih Persibat, tim yang berlaga di Indonesia Soccer Championship B.

6. Sulawesi Selatan dua kali menjadi runner-up di fase Grup babak pertama dan kedua PON Jabar 2016.

7. Sulsel sempat takluk 2-4 dari Jabar di Grup D babak kedua.

8. Sulsel sukses membuat sejarah usai memastikan diri ke partai final PON cabang sepak bola. Prestasi terbaik Sulsel selama keikutsertaan di PON yakni hanya sampai babak semifinal.

9. Sulsel dilatih oleh pelatih legendaris  Syamsuddin Umar yang pernah menahkodai PSM Makassar, Persita Tangerang, dan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

10. Sulsel diperkuat dua pemain profesional yang berlaga di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo bersama PSM Makassar, yakni Fadlan Gupran dan Andri.

(Yosef Deny Pamungkas)