Sukses

Tekuk DKI Jakarta, Jateng Rebut Emas Bola Basket Putri PON Jabar

Liputan6.com, Bandung Jawa Tengah kembali menambah pundi-pundi medalinya di PON Jabar 2016. Kali ini, sekeping emas berhasil didulang lewat cabang basket putri yang berlangsung di GOR C-Tra Arena, Bandung, Rabu (28/9/2016).

Di babak final, Jateng yang ditangani Xaverius Wiwid tampil memukau dan memaksa DKI Jakarta bertekuk lutut dengan skor 52-46. Hasil ini sekaligus mengulang keberhasilan yang sama pada PON Riau 2012 lalu.

Wiwid mengatakan, kemenangan ini merupakan buah dari kesabaran para pemainnya. "Sejak kuarter pertama skor pertandingan ketat. Kami memang banyak leading poin, tapi sempat mau kesusul anak-anak DKI. Saya menginstruksikan kepada kapten Yuni dan anak-anak untuk bermain sabar," kata Wiwid. 

Final bola basket putri memang berlangsung ketat sejak kuater awal. Namun kokohnya pertahanan kedua tim membuat perolehan angka berjalan lambat. Tempo permainan semakin cepat memasuki kuarter kedua. DKI Jakarta yang berambisi merebut emas bahkan sempat merebut kuarter ini dengan skor 27-25.

Namun Jateng berusaha bangkit di kuarter ketiga. Skor pun berjalan ketat. Setidaknya tiga kali kedua tim mengemas poin yang sama, yakni 32-32, 34-34, dan 36-36. DKI Jakarta kembali merebut kuarter ini 38-37.

Persaingan semakin sengit pada kuarter terakhir. Lewat tembakan tiga angka, Mariam akhirnya membawa Jateng unggul 40-38 di awal kuarter keempat. Skor kedua tim kembali terpaut ketat. Bahkan di sisa 2,45 menit kwarter akhir, Jateng hanya unggul 2 poin saja, 46-44 dari tim putri DKI Jakarta.

Pelatih Jateng, Wiwid lalu  meminta time out dan memberikan instruksi. Alhasil, Jateng kembali menguasai jalannya pertandingan hingga berhasil menyudahi perlawanan DKI dengan skor akhir, 52-46.

"Ini adalah kemenangan yang sangat berharga bagi saya dan tim. Saya bisa mengulang sukses dan kembali meraih medali emas. Kami mengikuti semua instruksi pelatih untuk bermain sabar,” kata kapten tim putri Jateng, Yuni. Ini merupakan emas kedua Yuni setelah meraih medali yang sama pada PON Riau 2012.