Sukses

Menang Adu Penalti, Jabar Raih Emas Sepak Bola PON 2016

Liputan6.com, Bandung - Jawa Barat berhasil meraih medali emas pada cabang sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Jabar mengalahkan Sulawesi Selatan di partai puncak.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (28/9/2016), kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti dan Jabar menang dengan skor 5-4.

Di waktu normal, Sulsel lebih dulu mengancam pada menit 30. Dari luar kotak penalti, Asnawi Mangkualam Bahar melepas tendangan spekulasi. Namun, usahanya masih menyamping dari gawang Jabar.

Selang empat menit, giliran Jabar yang mengancam melalui Erwin Ramdani. Melalui sudut sempit, Erwin mengirim bola ke tiang jauh. Akan tetapi, usahanya tak membuahkan hasil.

Menit 74, Febrry Haryadi nyaris membuka keunggulan Jabar. Dari dalam kotak penalti ia mengirim tembakan.

Sial baginya, bola terlalu pelan dan tidak akurat. Hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir, skor tetap imbang 0-0. Laga pun dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak tos-tosan, algojo penalti Jabar yang gagal hanya Erwin Ramdani. Sementara dua penendang Sulsel yang gagal adalah Irfan Arfandi dan M Alia Alfuad.

Susunan Pemain

Jawa Barat: M Natsir, Pian Hadiansyah, Agil Munawar, Henhen Herdiana, Sugianto, Achmad Subagja, Abd Aziz, Gian Zola Nugraha, Erwin Ramdani, Febrry Haryadi, Angga Febiyanto Putra

Sulawesi Selatan: Syaiful, Adi Setiawan, Nurhidayat, Wasyiat Hasbullah, Ahmad Hari Satria Perdana, M Alia Alfuad, Muh Fadlan Gufran, Asnawi Mangkualam Bahar, Abd Azis, Siswanto, Andri Faidal Amru
Jawa Barat vs Sulawesi Selatan di final PON 2016 (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)