Sukses

Wawancara Triadi Fauzi, Michael Phelps Indonesia di PON Jabar

Liputan6.com, Bandung Triadi Fauzi, menjadi salah satu fenomena PON Jabar 2016. Pria asal Cimahi, Jawa Barat itu merupakan atlet terskukses pada perhelatan olahraga empat tahunan yang kebetulan berlangsung di kampung halamannya.

Delapan emas berhasil digondol Triadi dari cabang renang di PON Jabar 2016. Masing-masing dari nomor 200 m gaya ganti perorangan, 200 m gaya kupu-kupu, 100 m gaya kupu-kupu, 100 m gaya bebas, 50 m gaya kupu-kupu, 50 m gaya bebas, 4x100 m gaya bebas estafet, dan 4x200 m gaya bebas estafet putra.

Torehan ini mempertajam koleksi emas yang pernah diraihnya pada PON Riau 2012 lalu. Saat itu, Triadi berhasil merebut 7 medali emas memecahkan rekor dua dekade milik perenang, Richard Sam Bera. 

Prestasi Triadi di PON Jabar 2016 mengingatkan orang-orang pada kesuksesan perenang Amerika Serikat, Michael Phelps di Olimpiade Beijing 2008. Saat itu, dia juga merebut 8 emas. Phelps yang telah pensiun usai Olimpiade Rio, adalah atlet tersukses yang pernah tampil di pesta olahraga multicabang empat tahunan itu. 

Ingin mengetahui lebih jauh sosok Triadi? Simak petikan wawancara Liputan6.com pada video di bawah ini: