Sukses

Budaya Papua Bakal Ramaikan Penutupan PON Jabar

Liputan6.com, Bandung - Kapasitas Papua sebagai tuan rumah PON XX/2020, sudah akan diperkenalkan pada seremoni penutupan PON Jabar 2016 di Bandung, Kamis (29/9/2016). Ketua Harian PB PON Jabar 2016, Iwa Karniwa menuturkan akan ada unsur budaya Papua pada upacara penutupan PON Jabar nanti.

"Unsur budaya PON itu akan ditampilkan saat penyerahan bendera PON dari Ahmad Heryawan, selaku Ketua Umum PB PON 2016/Jabar kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang akan menjadi Ketua Umum PB PON 2020," kata Iwa Karniwa di Bandung, seperti dikutip Antara, Kamis.

Bagi Papua, ini pertama kali mereka akan menyelenggaran ajang olahraga multicabang empat tahunan ini. Rencananya, PON Papua 2020 akan digelar di lima kabupaten: Jayapura, Timika, Wamena, Biak, dan Merauke.

Sementara, untuk acara pembukaan dan penutupan akan digelar di Jayapura.

Iwa juga berjanji, upacara penutupan PON XIX/2016 juga tidak akan kalah menarik dengan upacara pembukaan PON XIX/2016 yang dilaksanakan pada 17 September 2016. Untuk penonton, kata Iwa, panitia akan menyiapkan sekitar 21.000 kursi penonton, sama dengan pembukaan.

Acara penutupan rencananya juga akan dihadiri Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. "Acara penutupan PON tetap akan mengusung hiburan rakyat," Iwa menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Iwa juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung suksesnya PON Jabar 2016. "Walaupun memang ada dinamika selama pelaksanaan, PON ini bisa dibilang sukses. Indikatornya terpecahkannya ratusan rekor dan ini ada peningkatan prestasi tentunya," ujar Iwa lagi.