Sukses

Timnas Hoki Es Indonesia Kesulitan Cari Tempat Latihan

Timnas Hoki Es Indonesia akan tampil di Asian Winter Games 2017 yang bakal berlangsung di Sapporo, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Hoki Es Indonesia kesulitan mencari tempat latihan jelang tampil di Asian Winter Games 2017 yang bakal berlangsung di Sapporo, Jepang, Februari mendatang. Pada kejuaraan musim dingin se-Asia ini, Indonesia turun di tiga cabang, yakni ice hockey, figure skating, dan short track speed. 

Kapten Timnas Hoki Es Indonesia, Jonathan Sudharta mengatakan hal ini menjadi problem serius karena di Indonesia sangat minim ice ring. Kalau pun ada, Timnas Hoki Es Indonesia harus rebutan dengan masyarakat.

"Kami hanya bisa menggunakan lapangan yang berada di Bintaro. Kalau pun ada belum tentu bisa kami pakai karena ice ring di Bintaro terbuka untuk umum," katanya di kawasan Bintaro, Kamis (29/9/2016).

Tantangan lain yang dihadapi Timnas Hoki Es Indonesia sebelum tampil di Sapporo adalah perbedaan iklim. Permainan hoki es di Indonesia memang kurang diminati karena tidak cocok dengan iklimnya.

"Tidak seperti bulu tangkis yang sangat populer, hoki es ini merupakan hal baru. Banyak yang bilang ini bukan permainan normal di sini. Sebab, banyak yang takut terjatuh ketika bermain di es untuk pertama kalinya," ucap Jonathan.

Meski demikian, Jonathan menilai bahwa potensi atlet hoki es Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara-negara yang mempunyai iklim dingin. "Dalam dua tahun terakhir kami selalu juara dalam lima kejuaraan," ujarnya.

"Bahkan saat tampil pada Lion City Cup di Singapura, Maret lalu, kami berhasil mengalahkan Finlandia, negara yang bisa dikatakan sangat jago dalam permainan ini," kata Jonathan mengakhiri.

Asian Winter Games dijadikan ajang pemanasan sebelum Timnas Hoki Es Indonesia sebelum tampil di SEA Games Malaysia, tahun depan. Pertandingan hoki es ini baru pertama kali digelar pada ajang multi even di Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.