Sukses

Papua Berharap PON 2020 Tanpa Masalah

Liputan6.com, Bandung - Papua menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah PON 2020 mendatang. Bahkan provinsi paling Timur Indonesia itu percaya permasalahan di PON Jabar tidak akan terulang lagi di sana.

Kabarnya, dana yang dibutuhkan Papua untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan guna menjadi tuan rumah PON 2020 mencapai Rp 10-15 triliun. Besarnya jumlah itu karena Papua menjadi daerah paling Timur di Indonesia.

Papua sendiri akan menjadikan Jayapura, Timika, Biak, Wamena, dan Merauke sebagai pusat penyelenggaraan PON 2020.

Karenanya, pembangunan beberapa fasilitas sudah mulai dilakukan di beberapa daerah, khususnya di Timika. Tentu, mereka tak ingin menuai komentar negatif meski baru menjadi tuan rumah PON untuk kali pertama.

"Selama ini PON tidak pernah dibiayai negara, tapi dari APBD, swasta dan swadaya masyarakat. Kami yakin bisa mendapatkan dana itu,” kata Lukas Enembe, Gubernur Papua.

Mengenai cabang-cabang yang dipertandingkan, Papua tak ingin seperti Jabar yang menggelar 44 cabang dan 756 nomor pertandingan. Lukas mendukung keinginan Menpora Imam Nahrawi yang ingin fokus pada cabang-cabang Olimpiade.

"KONI Pusat sudah memetakan cabang yang akan dipertandingkan. Sesuai petunjuk mereka, fokus cabang selain Olimpiade adalah Asian Games dan Sea Games," kata Lukas.