Sukses

Preview Barito Putera Vs PSM Makassar: Ujian Tanpa Ricardo

PSM harus bertanding tanpa bomber andalannya, Luis Ricardo.

Liputan6.com, Jakarta- PSM Makassar kurang beruntung saat bertandang ke kandang Barito Putera dalam lanjutan pekan ke-21 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Presented by IM3 Ooredoo, Sabtu (1/10). Maklum saja, penyerang tajam mereka, Luis Ricardo, dipastikan absen lantaran masih mengalami cedera.

Eks penyerang Botafogo tersebut mengalami cedera pada pekan ke-20 saat PSM ditahan imbang Perseru Serui. Absennya Ricardo jelas sebuah kerugian bagi Juku Eja--julukan PSM. Maklum saja, dia telah menjadi sumber ketajaman bagi PSM.

Ricardo selalu mencetak gol dalam tiga laga yang dia lakoni bersama PSM. Total, Ricardo telah mengemas empat gol.

Tak bisa dimungkiri, Ricardo telah menjadi senjata anyar mematikan bagi tim asuhan Robert Rene Alberts tersebut. Dia menjelma menjadi duet sehati bagi Ferdinand Sinaga.

Kini, lini depan PSM bakal diuji tanpa keberadaan Ricardo. Jelas ini bakal menjadi pekerjaan berat bagi Rene Alberts karena dia sudah memiliki duet ideal Ferdinand-Ricardo.

Meski begitu, Rene Alberts tak terlalu khawatir. Dia masih memiliki Ferdinand yang merupakan top skorer sementara PSM dengan delapan gol. Dia diharapkan terus membuka keran golnya saat Ricardo absen.

Dipanggilnya Ferdinand menjalani TC timnas Indonesia pada 22-27 September 2016 tentunya bakal menjadi motivasi tambahan bagi eks penyerang Sriwijaya tersebut. Dia pastinya akan terus membuktikan ketajamannya agar bisa masuk skuad Merah Putih di Piala AFF 2016 nanti.

Sebagai pendamping Ferdinand, Rene Alberts akan memasang M Rahmat yang telah mengoleksi tiga gol. Jumlah golnya memang masih minim. Namun, M Rahmat memiliki kelebihan lain, yakni piawai dalam memberikan umpan matang. Dia telah mengemas tiga assists hingga saat ini.

Dalam laga ini, PSM juga termotivasi untuk bisa meneruskan tren tak terkalahkan dalam delapan laga terakhir. Apalagi pada pertemuan pertama, PSM sanggup menang 1-0 di Stadion Andi Mattalatta.

Kans cukup terbuka lebar. Barito yang dilatih Mundari Karya tengah menjalani tren negatif. Mereka tak pernah menang dalam empat laga terakhir. Bahkan, dalam laga kandang terakhir, Barito kalah 0-1 dari Mitra Kukar.

PSM harus mewaspadai ketajaman striker Barito, Luis Carlos Junior, yang sudah mengemas 12 gol. Lini pertahanan harus mengunci pergerakannya. Karena selama ini, ketika dia dijaga ketat dan tak mampu berbuat banyak, Barito selalu kesulitan menodai gawang lawan.

Perkiraan Susunan Pemain:

Barito Putera: Aditya Harlan, Riky Pora, Fathul Rahman, Muhammad Roby, Mohamadou Alhadji, Arie Sandy, Lucky Wahyu, Adam Alis, Paulo Oktavianus, Dendy Hartono, Luis Carlos Junior

PSM Makassar: Syaiful, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah, Erik, Rasyid Bakri, Syamsul Chaeruddin, Ridwan Tawainella, Rizky Pellu, M Rahmat, Ferdinand Sinaga

Head to Head Kedua Tim
21/05/16 PSM Makassar 1-0 Barito Putera

5 Pertandingan Terakhir Barito
19/09/16 Gresik United 2-1 Barito Putera
10/09/16 Bhayangkara FC 1-1 Barito Putera
03/09/16 Barito Putera 0-1 Mitra Kukar
27/08/16 Madura United 1-0 Barito Putera
21/08/16 Barito Putera 3-1 Persiba Balikpapan

5 Pertandingan Terakhir PSM
16/09/16 PSM Makassar 1-1 Perseru Serui
09/09/16 PSM Makassar 3-2 Semen Padang
02/09/16 Persela Lamongan 2-2 PSM Makassar
28/08/16 PSM Makassar 0-0 Persipura Jayapura
21/08/16 Persija Jakarta 0-1 PSM Makassar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.