Sukses

Peristiwa-peristiwa Besar di Tahun Pertama Wenger Bersama Arsenal

Wenger memulai tugas sebagai pelatih di Arsenal pada 1996, atau dua dekade lalu.

Liputan6.com, London - 1 Oktober 1996 menjadi hari bersejarah bagi Arsene Wenger dan Arsenal. Pada tanggal tersebut, Wenger resmi memulai tugas bersama The Gunners. 

Keputusan Arsenal menunjuk Wenger terbilang mengejutkan, pasalnya pelatih asal Prancis itu datang dari klub Jepang, Nagoya Grampus. Nama Wenger dan klub sebelumnya, masih asing di telinga orang Inggris. Terlebih, pelatih berkacamata ini belum memiliki prestasi menonjol, terutama di Eropa. Tanda tanya besar muncul terkait keputusan Arsenal menunjuk Wenger.

Namun sang pelatih langsung membuat kejutan dan menghapus keraguan itu, pada 1997/98, dia langsung mengantarkan Arsenal juara Liga Inggris, sukses itu kembali dilanjutkan pada musim 2001/02 dan 2003/04.  Kini dua dekade berlalu, Wenger masih bercokol di kursi pelatih Arsenal. 

Musim 2003/04 menjadi periode terakhir Arsenal merebut gelar liga domestik. Setelah itu, Arsenal paceklik gelar. Rumor tentang kepergian dari Arsenal terus bergulir, tapi sang pelatih masih tetap duduk manis di kursi pelatih sampai sekarang.

Wenger kini menyandang status sebagai pelatih terlama di Premier League setelah Sir Alex Ferguson, yang melatih MU mulai 1986. Banyak peristiwa besar terjadi di dunia sepak bola, olah raga dan dunia, pada tahun pertama Wenger menangani Arsenal. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dilansir dari Omnisport: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bidang Sepak Bola

1. Manchester United sudah merebut 10 kali gelar Premier League

2. Alan Shearer menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 31 gol di musim sebelumnya, legenda Timnas Inggris ini bergabung dengan Newcastle United dari Blackburn Rovers dengan nilai transfer 15 juta poundsterling

3. Juventus menjadi Raja Eropa setelah mengalahkan Ajax dalam adu penalti di final Liga Champions, Roma. Manajer Chelsea, Antonio Conte ketika itu masuk dalam daftar starter. 

4. Manajer MU, Jose Mourinho baru saja bergabung dengan Barcelona sebagai asisten Bobby Robson. Josep Guardiola masih bermain untuk Barcelona ketika itu dan Juergen Klopp; ketika itu bermain untuk Mainz 05.

5. Kapten Arsenal sekarang, Per Mertesacker baru berusia 12 tahun sekarang. Sedangkan, Jeff Reine-Adelaide, yang baru melakoni debut di bawah Wenger musim ini, belum lahir.

6. David Beckham belum bertemu dengan istrinya sekarang, Victoria Beckham.

3 dari 4 halaman

Bidang Olah Raga

1. Donovan Bailey menjadi pemegang rekor dunia lari jarak pendek 100 meter putra dengan waktu terbaik 9,84 detik. Kemudian di nomor 200 meter, Michael Johnson merebut emas pada Olimpiade Atlanta 1996. Carl Lewis meraih emas terakhir di nomor lompat jauh pada usia 35 tahun.

2. Andre Agassi meraih emas Olimpiade, tapi Pete Sampars menempati peringkat satu dunia tenis ATP. Ketika itu, Novak Djokovic masih berusia 9 tahun dan baru belajar tenis di Belgrade.

3. Damon Hill menjadi putra juara pembalap F1, Graham Hill yang menjadi juara dunia F1 pada 1996. Dia mengalahkan rekans satu tim, Jacques Villenueve yang membela Williams.

4. Michael Jordan menjadi MVP Chicago Bulls, memenangkan 50 final NBA, mengalahkan Seattle SuperSonics 4-2 dalam seri final NBA di tahun 1996.

4 dari 4 halaman

Bidang Dunia

1. Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana memutuskan bercerai pada Agustus

2. Manifesto buruh di bawah pimpinan Tony Blair resmi diluncurkan ini menjadi jalan bagi pemilihan umum 1999, di mana Tony kembali terpilih sebagai Perdana Mentri Inggris

3. Kelompok musik Deep Blue Something, menempati tangga lagu teratas single chart di AS dengan lagu Breakfast at Tiffany ketika Wenger mengambil alih kursi pelatih Arsenal. Sedangkan, Alanis Morissette menempati puncak lagu Billboard AS dengan lagu Little Pill Jagged.

4. Independence Day menjadi film terlaris di bulan September 1996 dengan total pendapatan 817 juta US$, mengalahkan Twister dan Mission: Impossible.

5. Bill Clinton menjadi Presiden Amerika Serikat. Sedangkan, Calon Presiden dari Partai Republik sekarang, Donald Trump menjadi Produser Eksekutif kontes kecantikan pada 1996.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Arsene Wenger