Sukses

Senjata Rahasia Barcelona Ada di Gadget Canggih Ini

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona relatif mulus menjalani musim 2016/17. Meski sempat dikejutkan oleh kekalahan 1-2 dari Deportivo Alaves, Azulgrana sukses untuk kembalikan tren positif lewat kemenangan demi kemenangan.

Khusus musim ini, Barcelona terungkap libatkan teknologi canggih. Seperti dilansir Marca, pelatih Barcelona, Luis Enrique banyak menggantungkan beberapa data dari Ipad milik asisten pelatih, Juan Carlos Unzue.

Lalu apa kecanggihan Ipad milik Unzue? Ternyata, kiper La Liga era 1990-an ini bertugas untuk memantau secara ketat apa yang harus dilakukan dengan bola-bola mati. Hasilnya cukup cemerlang.

Sekitar 20 persen gol Barcelona musim ini tercipta lewat bola-bola mati. "Ipad milik Unzue sepertinya sudah bekerja dengan baik," kata Enrique, tersenyum.

Contohnya ketika Ivan Rakitic cetak gol ke gawang Atletico Madrid. Atau tembakan keras Luis Suarez yang makin menggilas Glasgow Celtic di laga Liga Champions lalu.

Luis Enrique bersama sang asisten, Unzue di tepi lapangan (Marca)

Teranyar saat Gerard Pique cetak gol penentu lawan Borussia Muenchengladbach. Itu semua merupakan hasil kreasi data yang sudah dikumpulkan Unzue lalu dipraktekkan pemain Barcelona di lapangan.

Kejelian data Unzue juga bisa menyangkut soal tendangan sudut. Apakah bakal ditembak langsung ke arah depan gawang atau diumpan pendek saja, termasuk salah satu tugas Unzue untuk menentukan.