Sukses

Tak Ada Jaminan Rooney Tetap Jadi Kapten Inggris

Wayne Rooney dipanggil tim nasional inggris melawan Malta dan Slovenia.

Liputan6.com, London - Caretaker tim nasional Inggris Gareth Southgate tak bisa menjamin posisi Wayne Rooney sebagai kapten di bawah kepelatihannya. Southgate hanya menerangkan kalau sang pemain merupakan pemimpin yang hebat untuk The Three Lions.

Pelatih 46 tahun ini akan mendampingi skuat Inggris dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, melawan Malta dan Slovenia. Southgate menggantikan Sam Allardyce yang mundur dari jabatannya setelah memimpin satu pertandingan.

Status kapten Rooney diperdebatkan menyusul penampilannya yang kurang memuaskan di Piala Eropa 2016. Selain itu, jebolan akademi Everton itu terlempar dari skuat utama Manchester United di bawah manajer Jose Mourinho.

"Saya tak yakin mengapa saya harus memberikan informasi semacam ini, tapi keputusan untuk menunjuknya sebagai kapten cukup sederhana," kata Southgate dilansir Soccerway.

"Apa yang saya rasakan berasal dari apa yang saya lihat di sekitar St George selama dua tahun (pusat latihan timnas). Dan dari pembicaraan dengan para staf, dia adalah pemimpin yang luar biasa dalam grup ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi Wayne Rooney

Southgate adalah manajer tim nasional U-21 sebelum diangkat federasi sepak bola Inggris, FA sebagai pengganti sementara Allardyce. Dalam skuat The Three Lions melawan Malta dan Slovenia, dia turut membawa wonderkid Manchester United Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

"Ini adalah periode perubahan setelah musim panas. Hal yang paling penting saat ini adalah kepemimpinan dalam dan luar lapangan," ujar Southgate.

"Saya pikir Wayne telah membuktikan diri selama dua tahun terakhir. Kepemimpinannya sudah matang dalam peran yang benar-benar mengesankan serta tak ada keraguan dalam benak saya tentang menjaganya dalam posisi itu," ucapnya.

Inggris akan melawan Malta dalam kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, pada Sabtu (8/10/2016) pukul 23.00 WIB di Wembley Stadium, London. Empat hari kemudian, Wayne Rooney dan kawan-kawan melawat ke kandang Slovenia dalam ajang yang sama.
Wayne Rooney merayakan gol ke gawang Skotlandia pada laga persahabatan di Stadion Celtic Park, Skotlandia, Selasa (18/11/2014). (AFP Photo/Ian Macnicol)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.