Sukses

Persija Mulai Bangkit?

Persija Jakarta memutus rentetan 14 laga tidak pernah menang usai mengalahkan Perseru Serui 2-1 pada akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta mulai bangkit. Macan Kemayoran baru saja sukses memutus rentetan 14 laga tak pernah menang pada ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Itu terjadi usai Persija menang 2-1 atas Perseru Serui di Stadion Manahan Solo, Minggu (2/10/2016). Gol Persija dicetak oleh Emamanuel "Pacho" Kenmogne (48') dan Gunawan Dwi Cahyo (83'). Sedangkan Cendrawasih Jingga (julukan Perseru) hanya mampu membalas lewat gol yang Osas Saha (39').

Tambahan tiga poin ini membuat Persija naik dua peringkat ke posisi 14 dengan koleksi 20 poin. Sementara Perseru berada di peringkat ke-12 dengan raihan 26 poin.

Kemenangan ini tentu terasa sangat spesial bagi Persija. Pasalnya, seperti diketahui Persija terakhir meraih kemenangan ketika mengalahkan PS TNI dengan skor akhir 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno pada pekan kelima lalu. Itu berarti sudah 114 hari, Persija tercatat tak mampu meraih poin sempurna.

Akibat hasil minor ini, Persija yang sempat berada di peringkat empat besar di awal musim harus terperosok ke papan bawah. Parahnya lagi, deretan striker Persija yang diisi Bambang Pamungkas dan Rachmat Affandi juga jauh dari yang diharapkan. Keduanya bahkan belum mencetak satu gol pun untuk Klub Ibukota.

Terkait itu, jajaran manajemen Persija sebenarnya tidak tinggal diam. Berbagai pembenahan telah dilakukan seperti mengganti pelatih Paulo Camargo ke Muhammad Zein Al-Hadad. Selain itu, beberapa pemain anyar di posisi lini depan, seperti Emmanuel Kenmogne dan Antonio Tosi juga didatangkan.

Sayangnya, langkah tersebut tak langsung mampu mengangkat performa Persija. Dari tiga laga yang ditangani Zein, tim Macan Kemayoran meraih hasil imbang melawan Semen Padang (0-0), Persipura Jayapura (1-1), dan Persela Lamongan (1-1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persija Dibantu Jeda PON

Beruntung di masa transisi, Persija memiliki waktu persiapan kurang lebih dua minggu karena Torabika Soccer Championship mengalami jeda Pekan Olahraga Nasional (PON). Masa ini dimanfaatkan oleh Zein untuk melatih kekompakan dan penyelesaian akhir. Bahkan, Persija juga sukses mendatangkan pemain berkelas, Greg Nwokolo di penghujung bursa transfer.

Hasilnya langsung terlihat, Persija meraih kemenangan 2-1 atas Perseru. Selain itu, Pacho Kenmogne juga mampu mencetak gol. Hal ini mengindikasikan lini depan Persija mulai bisa kembali tajam.

Persija kembali berpeluang meraih kemenangan beruntun ketika menjamu Barito Putera di Stadion Manahan pada pekan ke-22. Peluang ini tak terlepas dari performa Barito Putera yang sedang menurun.

Laskar Antasari tercatat gagal meraih satu kemenangan pun dalam lima laga terakhir. Teranyar skuat asuhan Mundari Karya ini takluk 1-2 dari PSM Makassar di Stadion 17 Mei pada pekan ke-20. Lalu apakah Persija mampu membuktikan diri mereka telah bangkit? Semua akan terjawab pada pekan ke-22 ketika Macan Kemayoran menjamu Laskar Antasari.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini