Sukses

Manajer Inggris Ogah Tiru Mourinho Ubah Posisi Rooney

Gareth Southgate ingin menilai Wayne Rooney dari posisi aslinya, yakni penyerang.

Liputan6.com, London - Manajer interim tim nasional Inggris Gareth Southgate mengatakan kapten Wayne Rooney harus bisa menunjukkan kedisiplinannya sebagai penyerang The Three Lions. Southgate memanggil Rooney sebagai satu dari empat striker Inggris untuk dua laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Inggris akan melawan Malta pada Sabtu (8/10/2016) di Wembley Stadium, London. Empat hari kemudian, Rooney dan kawan-kawan melawat ke kandang Slovenia dalam ajang yang sama.

Pemain 30 tahun tersebut berjuang menemukan kinerja terbaiknya dalam semusim terakhir ini. Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal mencoba mengganti perannya sebagai gelandang, sama seperti yang dilakukan Roy Hodgson, eks-manajer Inggris.

Berlanjut pada musim ini, bukan hanya turun sebagai gelandang, di bawah arsitek baru MU Jose Mourinho, Rooney kesulitan menembus skuat utama Setan Merah. Kenyataan ini membuat Southgate bersimpati dan tak ingin ikut-ikutan menjajal kemampuan Rooney di lini tengah.

"Saya tak ingin melawan Jose, tapi saya pikir Wayne bisa bermain di sejumlah posisi yang berbeda. Satu hal yang ingin saya katakan, saya kembalikan satu dari banyak hal yang kami kerjakan dengan tim ini," ujar Southgate dilansir Soccerway.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rooney Tetap Jadi Penyerang?

Selain Rooney, mantan pelatih timnas U-21 Inggris ini memanggil tiga penyerang lain seperti: Marcus Rashford (Manchester United), Daniel Sturridge (Liverpool), dan Jamie Vardy (Leicester). Southgate menegaskan, di luar atau dalam posisi sebenarnya, disiplin dalam taktik saat dimainkan adalah faktor paling penting.

"Apapun posisi yang Anda mainkan. Para pemain harus paham sepenuhnya. Saat saya di timnas U-21, saya punya banyak pemain yang tak dimainkan, tapi kami melihat apa yang terbaik dari tim kami," ucap Southgate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.