Sukses

Momen-momen Menarik Debat Seru Calon Kandidat Ketua Umum PSSI

Enam kandidat memaparkan visi dan misi untuk pertama kali di depan publik setelah lolos verifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Debat kandidat calon Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 berlangsung seru. Enam kandidat memaparkan visi dan misi untuk pertama kali di depan publik setelah mereka  lolos verifikasi dari tim Komite Pemilihan (KP) celon Ketua Umum PSSI.

Acara ini berlangsung di Gedung SCTV Tower, Kamis, (4/10/2016). Sebanyak 6 kandidat: Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Eddy Rumpoko, Toni Apriliani, Sarman El Hakim, Djohar Arifin Husin, dan Kurniawan Dwi Yulianto. Mereka memaparkan rencana kerja bila terpilih dalam Kongres Pemilihan pada (17/10/2016) mendatang.

Debat kandidat Calon Ketua Umum PSSI

Tiga orang pengamat sepak bola nasional, Anton Sanjoyo, Sumohadi Marsis, dan Fritz Simandjuntak menjadi panelis dalam acara debat kandidat. Mereka saling bergantian mengajukan pertanyaan kepada enam kandidat di atas panggung.

Panca prestasi sepak bola menjadi target utama Moeldoko. Panca prestasi yang dimaksud adalah membangun kompetisi yang terstruktur, menyiapkan SDM, pembenahan wasit, logistik yang mandiri, dan infrastruktur yang memadai.

Debat kandidat calon Ketua Umum PSSI

"Kompetisi di Indonesia belum menyentuh usia dini. Ini harus dibenahi. Selain itu, kompetisi juga harus bisa membawa Indonesia sukses berprestasi, paling tidak di Asia," kata Moeldoko.

Mantan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mendapatkan kesempatan memaparkan visi dan misi.  Djohar mengaku ingin memperbaiki organisasi secara internal dan juga produktivitas dalam keuangan.

Debat kandidat calon Ketua Umum PSSI

Sementara itu Eddy Rumpoko justru menitikberatkan agar PSSI bisa mengembalikan kepercayaan dari masyarakat. Ia ingin membangun sepak bola yang sehat dan disiplin. Menariknya, Eddy juga ingin membangun sepak bola Indonesia dari Timur. Dia tidak mau sepak bola Tanah Air hanya berkembang dari Pulau Jawa atau Jakarta saja.

Kandidat lain Tony Apriliani menekankan pentingnya meneruskan program-program positif dari para ketua umum yang pernah memimpin PSSI. Sementara itu Kurniawan menegaskan dirinya ingin menciptakan sepak bola tanpa rekayasa.

Debat kandidat calon Ketua Umum PSSI

"Jujur saya memberanikan diri maju karena kegelisahan sebagai mantan pemain yang mengerti masalah sepak bola. Visi dan misi saya adalah menciptakan sepak bola tanpa rekayasa," kata Kurniawan.

Selain Kurniawan, masih ada calon Ketum lain Sarman El Hakim. Sarman mengatakan, dirinya sudah berkeliling dunia dan melihat bagaimana negara-negara bisa bangkit dengan sepak bola. "Contohnya Cile. Sepak bola di sana membangkitkan negara mereka. Mereka bisa sampai juara Copa Amerika," kata Sarman.

Debat kandidat calon Ketua Umum PSSI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini