Sukses

Menebak Formasi Timnas Indonesia Vs Vietnam

Pelatih Timans Indonesia Alfred Riedl kemungkinan memainkan formasi 4-4-2 melawan Vietnam dalam laga uji coba.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali bergerak cepat untuk memperkuat tim jelang Piala AFF 2016 mendatang. Vietnam,jadi lawan uji coba skuat Garuda di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, 9 Oktober menarik. Menarik untuk menebak formasi dan strategi apa yang diterapkan pelatih Alfred Riedl.

Sang juru taktik belakangan memang sibuk meramu formasi yang pas buat skuat Garuda. Hal ini terlihat dari bongkar-pasang pemain di beberapa posisi untuk mematangkan rencana yang ada di kepalanya.

Pelatih asal Austria ini tentunya sudah punya bekal utama usai melakoni pemusatan latihan (TC) [ada 22 September sampai 27 September lalu. Riedl mengaku selama TC para pemain mulai menemukan ritme permainan yang diinginkannya. Apalagi, komunikasi dan kerja sama antarpemain juga sudah mulai padu.

"Selama TC di Solo saya cukup puas dengan perkembangan pemain. Ada banyak hal positif yang terlihat seperti motivasi bermain dan kekompakan seluruh pemain," kata Riedl kepada wartawan.

Melawan Vietnam, Riedl kemungkinan bakal kembali menurunkan formasi andalannya 4-4-2. Laga uji coba lawan Malaysia jadi patokan. Sebab, dia tampaknya hanya perlu menambal beberapa lini saja.

Di posisi penyerang, misalnya, Riedl memanggil Ferdinand Sinaga. Pemain PSM Makassar ini bakal dicoba Riedl sebagai senjata rahasia Rimnas Indonesia. Sebab, pada laga kontra Malaysia, penampilan Lerby Eliandry masih kurang greget.

Ferdinand memang tampil cemerlang bersama Juku Eja. Sejauh ini, eks penyerang Persib Bandung itu jadi top skorer sementara klub dengan torehan delapan gol. Ini menjadikan Ferdinand sebagai pemain lokal yang paling produktif di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jefri Kurniawan dan Rizki Pora jadi kejutan

Selanjutnya di lini tengah, kehadiran Jefri Kurniawan dan Rizki Pora jadi kejutan. Keduanya juga dipercaya bakal jadi efek kejut di timnas. Jefri yang berposisi sebagai deep-lying cocok dengan formasi andalan Riedl. Mungkin dia bakal jadi starter melawan Vietnam untuk menggantikan Septian David Maulana dan diduetkan dengan Evan Dimas. Menarik.

Sementara Rizky Pora dipanggil kemungkinan besar untuk gantikan posisi Irsyad Maulana yang tidak ada dalam daftar panggil terbaru. Dia kemungkinan bakal jadi ban serep bila Andik vermansah atau Zulham Zamrun mentok.

Perubahan juga terjadi pada posisi bek. Riedl kali ini memanggil Manahati Lestusen dan Putu Gede. Namun, sepertinya duet bek tengah Fachrudin Wahyudi dan Rudolof Yanto Basna tetap bakal jadi andalan Riedl.

Untuk kiper, Andritany Ardhyasa besar kemungkinan akan kembali jadi starter. Penampilan apik dan konsistennya itu bisa jadi garansi bagi kiper asal Persija Jakarta tersebut.

Tetapi, Riedl bisa saja memuaskan rasa penasarannya kepada Hery Prasetyo yang sukses menantarkan Madura United mengilap di Torabika Soccer Championship 2016. Bahkan, Jandia Eka Putra juga bisa turun dalam laga nanti.

Berikut Prakiraan Formasi dan Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Vietnam:

Skema 4-4-2: Andritany Adhiyasa; Benny Wahyudi, Abdul Rachman, Fahrudin Wahyudi, Rudolof Yanto Basna; Evan Dimas, Jefri Kurniawan, Andik Vermansah, Zulham Zamrun; Boaz Solossa, Irfan Bachdim.

Cadangan: Jandia Eka Puta, Hery Prasetyo; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Dominggus Fakdawer, Abdul Rahman Sulaiman, Manahati Lestusen, Bayu Pradana Andriatmo, Dedi Kusnandar, Septian David Maulana, Rizki Rizaldi Pora.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.