Sukses

4 Alasan Ronaldo Lebih Hebat dari Messi

Liputan6.com, Madrid - Perbandingan antara Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona) masih terus terjadi. Apakah Ronaldo lebih hebat dari Messi? Beberapa akan menjawab ya, dan yang lain tidak. Yang jelas, keduanya adalah pemain terbaik dunia dalam delapan tahun terakhir.

Liputan6.com coba merangkum empat alasan mengapa Ronaldo lebih hebat dari Messi. Berikut ulasannya.

1. Ronaldo Tak Butuh Iniesta, Suarez dan Neymar

Sudah jelas bahwa Messi begitu bergantung pada rekan-rekannya di Barcelona untuk bermain tiki-taka. Tanpa pemain berkualitas seperti Andres Iniesta, Luis Suarez dan Neymar, Messi takkan bisa melakukan apa yang ia lakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Ini terlihat ketika Messi membela timnas Argentina. Tanpa rekan-rekannya di Barca, pemain 29 tahun itu tak berkutik sama sekali.

Adapun Ronaldo tak bergantung kepada siapa pun. Ia bisa juara dengan Real Madrid maupun Portugal yang notabene pemain-pemainnya di bawah kualitas Argentina.

1 dari 4 halaman

Ronaldo Bisa Bermain di Semua Liga

2. Ronaldo Bisa Bermain di Semua Liga

Apakah Messi akan bermain di Liga Inggris? Tidak. Messi selalu kesulitan menghadapi lawan dengan tempo tinggi.

Hal ini terlihat ketika Argentina menghadapi Chile di final Copa Amerika. Gaya main Chile mirip dengan sepak bola Inggris, yakni tempo pertandingan cepat disertai banyak dorongan dan tendangan ke pemain.

Sebaliknya, Ronaldo bisa beradaptasi di liga mana pun karena ia memiliki stamina, energi, dan kecepatan.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Lebih Tajam dari Messi

3. Ronaldo Lebih Tajam dari Messi

Ketika bicara urusan mencetak gol, tak ada yang lebih hebat dari Ronaldo, termasuk Messi. Ronaldo membuat rekor dan memecahkannya sendiri.

Kapten timnas Portugal itu jadi satu-satunya pemain di dunia yang konsisten mencetak di atas 50 gol per musim. Sementara Messi hanya melesakkan 41 gol pada 2013/14 dan 2015/16. Catatan itu bagus, tapi belum mengimbangi CR7.

3 dari 4 halaman

Ronaldo Lebih Komplet

4.) Ronaldo Lebih Komplet

Tidak seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo bisa bermain dan menembak bola dengan kedua kakinya. Selain itu, Ronaldo juga bisa melompat dengan tinggi dan menanduk bola secara akurat.

Di sini letak kekurangan Messi. Hampir semua gol Messi dicetak melalui kaki kiri. Ia jarang mencetak gol lewat kaki kanan, apalagi sundulan.