Sukses

Timnas Indonesia dan Vietnam Rebutan Tempat Latihan

Tidak hanya timnas Indonesia saja yang ingin latihan di Stadion Maguwoharjo, Vietnam juga ingin latihan di stadion ini.

Liputan6.com, Sleman Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan persahabatan melawan Vietnam, Minggu (9/10/2016) di Stadion Maguwoharjo Sleman. Jelang pertandingan, panitia pelaksana (panpel) lokal kerepotan menyediakan tempat atau lapangan untuk latihan timnas.

Mereka sedang berusaha meminta izin agar timnas bisa latihan perdana pada sore hari. Pasalnya, sesuai Perda Kabupaten Sleman No 3 tahun 2016, Stadion Maguwoharjo tidak diperuntukan untuk latihan tim sepakbola.

Jika ingin menggunakan stadion atau lapangan maka akan dikenakan biaya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan klub lokal yang bermarkas di Maguwoharjo, yaitu PSS Sleman lebih memilih berlatih di Stadion Tridadi atau Lapangan Mino, Plosokuning.

Ketua panpel lokal Ediyanto menjelaskan timnas bisa saja berlatih di Stadion UNY yang lebih mudah perizinannya. Namun timnas justru ingin berlatih langsung di stadion megah di Yogya ini.

"Kami masih dalam negosiasi dengan pengelola untuk memakai stadion sebagai lokasi latihan. Karena untuk timnas, kami harap lebih dipermudah," ujarnya, Rabu (5/10/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rebutan Stadion

Kerepotan panpel lokal bertambah, sebab tidak hanya timnas Indonesia saja yang ingin latihan di Stadion Maguwoharjo, Vietnam juga ingin latihan di stadion ini. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stadion Maguwoharjo, Sumadi mengaku, memang ada Perda yang mengatur pemakaian stadion Maguwoharjo untuk pertandingan sepakbola.

"Kalau surat permohonaan penggunaan stadion kami terima, Selasa (4/10) kemarin. Panpel hanya mengajukan permohonan pemakaian stadion untuk tanggal 9 Oktober yang berarti untuk pertandingan," kata Sumadi saat dikonfirmasi.

Terkait kondisi ini Sumadi meminta kepada panpel lokal agar segera membuat surat permohonan penggunaan stadion untuk berlatih pemain timnas. Sehingga izin penggunaan lapangan tidak hanya pada tanggal 9 Okober saja, namun juga mulai tanggal 7 Oktober.

"Kami hanya pelaksana, aturannya sudah ada secara tegas. Tapi berbeda ketika nanti ada dispensasi khusus dari Bupati mungki saja kami bisa mengizinkan stadion dipakai berlatih," ungkapnya.

Seperti diketahui, pertandingan ini bagian dari persiapan timnas senior yang akan turun di Piala AFF 2016 pada November mendatang. Pada laga uji coba ini, anak asuhan Alfred Riedel dijadwalkan tiba di Yogyakarta, Kamis (6/10/2016) ini. Pemain timnas rencananya akan menginap di Hotel The Sahid Rich.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF