Sukses

Italia Vs Spanyol: Tim Tamu Terbakar Dendam

Italia akan menjamu Spanyol pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta Italia akan menjamu Spanyol pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Juventus Stadium, Kamis malam (6/10/2016). Ini pertama kali kedua negara kembali bertemu setelah Piala Eropa 2016 lalu.

Pada pertemuan sebelumnya, Italia berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-0. Hasil ini membuat langkah Tim Matador mempertahankan gelar sebagai penguasa Eropa terhenti di babak 16 besar.

Namun pertemuan kali ini akan terasa berbeda. Sebab, kedua tim melakukan perubahan mencolok. Salah satunya di posisi pelatih. Ya, kedua negara, sama-sama ditangani arsitek tim anyar. Skuat Gli Azzurri kini dilatih oleh Giampiero Ventura, sedangkan Tim Matador, Spanyol, dibesut oleh Julen Lopetegui.

Kedua tim tergabung di Grup G. Spanyol saat ini menjadi pemuncak dengan raihan tiga poin. Mereka hanya unggul selisih gol atas Italia dan Albania yang secara beruntun menempati posisi dua dan tiga.

Pada laga perdana kualifikasi, La Furia Roja menghempaskan Liechtenstein delapan gol tanpa balas. Sementara Azzurri tanpa kesulitan sukses mempermalukan Israel dengan 3-1 di depan publiknya sendiri.

Jelang laga, kapten Italia, Gianluigi Buffon mengingatkan rekan-rekannya agar tidak terbuai dengan memori manis di Piala Eropa. Dia mau Italia fokus kepada permainan dan berjuang keras meraih hasil terbaik. Buffon juga sempat mengomentari absennya kiper veteran, Iker Casillas di skuat La Furia Roja.

"Saya tidak punya kenangan jelas tentang Piala Eropa lalu. Yang saya inginkan saat ini tim tampil habis-habisan. Kami harus menunjukkan hasrat dan keinginan untuk meraih kemenangan," kata Buffon.

Sedangkan pelatih Spanyol mengaku sudah membaca taktik yang akan dipakai Italia dalam laga nanti. Menurutnya, meski berganti peracik strategi, pada intinya Italia memakai pola yang hampir mirip.

"Italia di tangan Cesare Prandelli, Antonio Conte hingga sekarang, Ventura, punya gaya yang sama. Hanya beberapa detail yang membedakan, tapi pada intinya mereka bermain stabil, baik ketika menyerang dan bertahan," kata Lopetegui.

Untuk Italia, mereka tidak bisa menurunkan bek Giorgio Chiellini yang terkena hukuman. Ventura mengaku kemungkinan memasang pemain debutan Alessio Romagnoli sebagai pengganti. Sementara di Spanyol, Lopetegui bakal memainkan Diego Costa sejak awal.

Prakiraan susunan pemain:
Italia : Buffon; Barzagli, Bonucci, Romagnoli, De Sciglio; Candreva, Parolo, Verratti, De Rossi; Pelle, Eder
Spanyol : De Gea; Roberto, Pique, Ramos, Alba; Iniesta, Busquets, Koke; Nolito, Costa, Silva

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.