Sukses

Lawan Vietnam, Timnas Waspadai Cuaca di Maguwoharjo

Menurut Pikal, Vietnam merupakan tim bagus dengan perpaduan pemain muda dan pemain yang sudah berpengalaman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam,  Minggu (9/10/2016), di Stadion Maguwoharjo, bakal menjadi lagi istimewa bagi kedua tim. Pasalnya, dua tim ini sebelumnya sudah menorehkan sejarah sendiri.

Indonesia baru saja lolos dari pembekuan dan mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. Sementara Vietnam mampu mengalahkan tim kuat Korea Utara 5-2 di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, mengatakan, video pertandingan Vietnam melawan Korut akan dijadikan modal pelatih dan pemain. Dari video pertandingan itu, setidaknya bakal diketahui  kekuatan lawan.

Menurut Pikal,  Vietnam merupakan tim bagus dengan perpaduan pemain muda dan pemain yang sudah berpengalaman.

"Bisa mengalahkan Korut tentu bukan tim yang sembarangan. Kita mau menang, tapi jelas itu bukan hal mudah," kata Pikal, Sabtu (8/10/2016).

Pikal mengatakan ada tiga sampai 4 pemain lawan yang harus diwaspadai. Pemain itu memiliki kecepatan dan penetrasi ke area pertahanan lawan dengan bagus.

Pikal lebih lanjut mengatakan pertandingan melawan Vietnam akan menjadi bahan identifikasi kerangka pemain skuat AFF 2016. "Kerangka tim dan identifikasi masih proses, berapa kali uji coba lagi baru nanti ditentukan pemain inti," imbuhnya.

Saat ditanya kondisi cuaca, terutama hujan yang dikhawatirkan turun saat pertandingan, Pikal sudah menginstruksikan anak buahnya untuk bermain seperti biasa. Tapi, jika memang hujan turun saat pertandingan maka ada sedikit penyesuaian. Salah satunya dengan permainan bola dirrect dan menempatkan pemain sebagai target man.

"Kalau Vietnam memang biasa main cepat dengan tempo tinggi. Namun dengan TC tiga hari tidak mungkin memaksakan permainan tempo tinggi 90 menit. Nanti kami atur tempo kapan main menyerang, pressing dan ball posesion," terangnya.

Sementara itu salah satu pemain timnas, I Putu Gede Juni Antara mengaku siap dengan pertandingan besok. Seluruh pemain akan fokus pada pertandingan melawan Vietnam. "Semua patut diwaspadai, karena itu kami harus fokus sampai akhir pertandingan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam