Sukses

Tekuk Albania, Spanyol Rebut Posisi Puncak

Liputan6.com, Shkoder - Spanyol menang 2-0 atas Albania dalam laga ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup G, Senin (9/10/2016) dini hari WIB di Stadion Loro Boruci. Dua gol Spanyol dicetak Diego Costa dan Nolito.

Dengan hasil ini, Spanyol berhasil menggeser posisi Albania dari puncak klasemen. Nilai Spanyol sebenarnya sama dengan Italia (7), namun lebih unggul selisih gol.

Spanyol sangat mendominasi permainan sejak awal laga. Hampir sepanjang pertandingan, mereka terus mengurung pertahanan tim tuan rumah.

Selain ketatnya lini belakang Albania, penampilan kiper Albania Berisha pada laga ini cukup berperan penting. Menit 11 peluang Spanyol melalui Silva masih membentur kiper Albania Berisha.

Enam menit kemudian,  kiper Albania kembali menunjukkan kehandalannya. Kali ini tendangan keras Vito masih bisa ditepis.

Albania yang terus mendapat tekanan, hanya bisa bertahan di depan gawangnya sendiri. Mereka hanya sesekali mengandalkan serangan balik.

Kesempatan pertama Albania diperoleh menit 34. Namun, tendangan Roshi melebar tipis di sisi kanan gawang De Gea.

Spanyol benar-benar kesulitian menembus lini belakang Albania. Pasalnya, nyaris seluruh pemain Albania berada di daerah pertahanan.  

Hingga memasuki akhir babak pertama, Iniesta dan kawan-kawan belum mampu menembus pertahanan Albania. Babak pertama pun berakhir imbang.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak ini Spanyol masih menguasai permainan. Kesempatan menjebol gawang Albania gagal dimanfaatkan Silva. Tendangan kerasnya masih mengarah ke kioer Albania.

Gol yang diharap Spanyol akhirnya terjadi menit 55. Berawal dari kesalahan kiper Albania, bola terobosan disodorkan ke arah Silva. Pemain Manchester City ini kemudian mengembalikan lagi bola ke Diego Costa, yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Tak butuh lama bagi Spanyol untuk menambah kemenangan. Menit 63, Nolito yang baru masuk menggantikan Vito, berhasil menyarangkan bola ke gawang Berisha setelah memanfaatkan kesalahan bek lawan.

Unggul dua gol tak menghentikan dominasi Spanyol. Untuk menambah kekuatan tim, pelatih Lopetegui melakukan beberapa pergantian pemain. Andres Iniesta dan Sergio Ramos digantikan Isco dan Inigo Martinez. Namun hingga laga berakhir tak ada tambahan gol tercipta.


Susunan pemain:
Albania: E. Berisha, A. Agolli, M. Mavraj, E. Lenjani, E. Hysaj, B. Djimsiti, A. Lila, O. Roshi, L. Memushaj, T. Xhaka, B. Balaj
Spanyol:     De Gea, Sergio Ramos, Nacho Monreal, Piqué, Iniesta, David Silva, Busquets, Thiago Alcântara,  Vitolo, Koke, Diego Costa