Sukses

Jadi Sorotan, Southgate Siap Cadangkan Rooney

Liputan6.com, Manchester - Nasib buruk yang menghampiri Wayne Rooney semakin tak terbendung. Setelah di Manchester United, kariernya di Timnas Inggris pun ikut terancam. Pertanda buruk itu terlihat dari pernyataan pelatih sementara, Gareth Southgate.

Saat ini Rooney memang sedang menjadi pusat perhatian. Bukan karena aksi menawannya di lapangan, tapi justru karena kinerja buruknya dalam beberapa bulan terakhir. Pada akhirnya, pelatih Jose Mourinho enggan menjadikan Rooney sebagai pemain utama lagi.

Laga Piala Liga melawan Northampton Town di Sixfields Stadium, 22 September 2016, menjadi momen terakhir Rooney tampil sebagai starter. Sejak itu, Rooney hanya dimainkan Mourinho sebagai pemain pengganti, yakni saat melawan Leicester City, Zorya, dan Stoke City.

Saat Timnas Inggris melawan Malta pada pekan kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 di Wembley Stadium, Rooney dimainkan sebagai starter dan tetap menjadi kapten. Sialnya, Rooney juga tampil buruk di laga itu hingga suporter Timnas Inggris mencemoohnya.

Kapten Inggris, Wayne Rooney (kanan), berebut bola dengan pemain Malta, Andre Schembri, pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion Wembley, London, Sabtu (8/10/2016). (AFP/Ian Kington)

Southgate yang sebelumnya membela Rooney kini pun mencoba realistis. Demi kepentingan tim, mencadangkan Rooney bukan sebuah keputusan sulit yang bisa diambil Southgate saat Timnas Inggris melawan Slovenia di Stadion Stozice, Rabu (12/10/2016) dinihari WIB.

"Saya harus membuat keputusan tepat untuk tim. Setelah kali Anda memilih tim, Anda akan meninggalkan beberapa pemain di bangku cadangan. Anda telah mempersiapkan untuk melakukan hal tersebut. Itu adalah bagian dari pekerjaan," kata Southgate menanggapi situasi Rooney seperti dikutip Soccerway.

Meski begitu, bukan berarti Southgate kecewa dengan penampilan Rooney saat melawan Malta. Menurutnya, Rooney tetap memiliki peran penting sebagai pemimpin di lapangan. Ia menilai Rooney dan Jordan Henderson telah melakukan pekerjaan bagus sebagai pasangan di lini tengah.

"Apa yang terjadi kepadanya di MU saat ini tidak begitu penting. Saya sangat senang dengan kinerjanya. Ia mampu mendikte permainan dan disiplin di posisinya," ucap Southgate.