Sukses

Kenalkan Moise Kean, Calon Pesaing Harga Transfer Paul Pogba

Liputan6.com, Jakarta Mino Raiola membuat pengakuan mengejutkan tentang harga transfer pemain muda Juventus, Moise Kean. Dalam keterangannya dengan sejumlah media di Eropa, agen yang berada di balik sukses Zlatan Ibrahimovic itu menyatakan suatu saat nanti pemain berusia 16 tahun itu akan jadi bintang besar Si Nyonya Tua.

Mungkin pernyataan Raiola terdengar sedikit aneh mengingat Kean belum menunjukkan panggungnya sebagai pesepakbola terkenal. Namun, bukan Raiola namanya jika tidak bisa menjadikan salah satu pemainnya mendapatkan klub yang mampu membayar dengan gaji fantastis.

Raiola telah membuktikan itu dengan kepergian Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United pada musim panas ini, dengan harga sebesar 105 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun). Kean pun dianggap bisa mencapai harga yang setara dengan mantan seniornya tersebut di Juventus.

Agen pemain bertubuh gempal itu berkata Kean memiliki potensi untuk menjadi pemain hebat. Dia memulai kariernya di akademi Juventus, dan musim lalu ia telah menunjukkan kebolehannya dalam menjebol gawang lawan sebanyak 25 gol dari 30 penampilannya bersama tim muda (U-17) Si Nyonya Tua.

Itu bukan sekadar kebetulan, sebab di musim ini Kean kembali membuktikan ketajamannya dengan mencetak lima gol dalam lima pertandingan di musim ini. Melihat performa yang ditunjukkannya itu wajar jika Raiola mengumbar pernyataan tersebut.

Bahkan baru-baru ini Raiola melakukan pertemuan tertutup dengan CEO Juventus, Beppe Marotta, untuk bernegosiasi mengenai kesepakatan kontrak profesional pertamanya. Karena dia percaya klub yang sudah mengoleksi 32 trofi Liga Italia adalah tim yang tepat buat Kean. Harga transfer buat sang pemain ditaksir sebesar 100 juta euro atau sekira Rp 1,4 triliun.
1 dari 2 halaman

Fenomena Unik

"Juventus telah melakukan begitu banyak hal dan memiliki masa depan yang baik ke depannya. Kehadiran Kean diibaratkan sebagai fenomena yang unik di Italia," Raiola seperti dikutip Sportskeeda, Senin (10/10/2016). "Tapi di sisi lain, ini merupakan klub terbaik serta terorganisir. Itu bukan kebetulan karena selama lima tahun mereka mendominasi Serie A."

Di bagian lain, pelatih Massimiliano Allegri menyadari kemajuan Kean, dan dia tidak menutup kemungkinan bakal memanggilnya untuk membuat debut bersama tim senior. Dengan catatan, dia mampu meningkatkan permainannya.

Singkat kata, Kean, yang juga telah dipercaya membela tim junior Italia, hanya satu dari sekian banyak pemain yang dilirik agen ternama dunia. Kehadirannya itu sekaligus menambah daftar pemain bertalenta yang bakal bersinar melalui tangan dingin sang agen.

Seperti yang pernah ia lakukan terhadap Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Romelu Lukaku Everton), Paul Pogba (Manchester United), Henrikh Mkhitaryan (Manchester United), Mario Balotelli, Zlatan Ibrahimovic (Manchester United dan Blaise Matuidi (Paris Saint Germain).

(David Permana)