Sukses

Prancis Permalukan Belanda di Kandangnya Sendiri

Liputan6.com, Amsterdam - Prancis menang 1-0 atas Belanda di Amsterdam Arena, Selasa (11/10/2016) dinihari WIB dalam lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Erop Grup A. Gol kemenangan Prancis dicetak Paul Pogba.

Pada laga ini, Ayam Jantan --sebutan Prancis-- mengancam lebih dahulu. Pada menit keempat, Dimitri Payet melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan Raphael Varane. Namun, akurasi sundulannya masih melebar di sebelah kanan gawang Belanda.

Kiper Tim Oranye (sebutan Belanda), Martin Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-13. Dia menepis bola hasil sepakan Kevin Gameiro dari luar kotak penalti.

Tampil di kandang sendiri, Belanda minim serangan. Hasilnya, gawang Stekelenburg bobol pada menit ke-30. Sepakan kaki kanan Paul Pogba dari jarak jauh mengoyak sisi kiri gawang Tim Oranye.

Paul Pogba merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Belanda. (REUTERS/Michael Kooren)

Delapan menit kemudian, Payet melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kanan gawang Tim Oranye masih bisa diselamatkan Stekelenburg.

Hingga babak pertama berakhir, Belanda belum mampu memberikan tekanan yang berarti untuk Prancis. Ayam Jantan pun unggul 1-0.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua, Belanda yang minim serangan langsung menggebrak. Menit ke-46, Daley Blind melepaskan umpan pendek yang langsung disepak Vincent Janssen. Sayang, akurasi sepakannya melebar di sebelah kiri gawang Prancis.

Menit ke-60, pemain sayap Prancis, Djibril Sidibe melepaskan umpan lambung. Bola disundul Layvin Kurzawa. Sayang usahanya belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, Memphis Depay menyepak bola dari dalam kotak penalti. Tapi, akurasi sepakannya melayang di sebelah kanan gawang Hugo Lloris.

Pada masa injury time, Daley Blind melepaskan tembakan kaki kiri dari jarak jauh. Usaha bek Manchester United itu kembali tidak menemui sasaran.

Kemenangan itu membawa Prancis berada di puncak klasemen Grup A dengan raihan tujuh poin. Adapun Belanda baru mengemas empat poin.

Susunan pemain
Belanda: Martin Stekelenburg, Virgil van Dijk, Jeffrey Bruma, Daley Blind, Rick Karsdorp, Kevin Strootman, Davu Propper, Georginio Wijnaldum, Vincent Janssen, Davy Klaassen, Quincy Promes.

Prancis: Hugo Lloris, Laurent Koscielny, Raphael Varane, Layvin Kurzawa, Djibril Sidibe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi, Paul Pogba, Kevin Gameiro, Dimitri Payet, Moussa Sissoko.