Sukses

Belgia Gilas Gibraltar, Benteke Cetak Gol Tercepat Piala Dunia

Christian Benteke juga mencatat hattrick saat memperkuat Belgia menghadapi Gibraltar.

Liputan6.com, Jakarta Eks Pemain Liverpool, Christian Benteke, mengukir sejarah saat memperkuat timnas Belgia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Selasa dinihari WIB (11/10/2016). Pemain berusia 25 tahun itu mencetak gol tercepat saat Belgia mengalahkan musuhnya Gibraltar dengan skor telak 6-0 di Faro.

Seperti dilansir Soccerway.com, gol Benteke tercipta belum semenit setelah wasit meniup peluit kick off. Memanfaatkan kelengahan pemain belakang Gibraltar, Ryan Casciaro, Benteke berhasil mencuri bola. Benteke kemudian berlari kencang dan mengakhiri aksinya lewat tendangan keras ke gawang lawan.

Gol pembuka ini membawa arti penting bagi Benteke. Selain membawa timnya memimpin atas Gibraltar, ini merupakan gol perdana Benteke bersama Belgia sejak 2015 lalu. Seperti diketahui, pemain Crystal Palace tersebut terakhir kali mencetak gol bersama Belgia saat negaranya bertemu Cyprus, Maret tahun lalu. 

Selain itu, menurut UEFA, gol Benteke ke gawang Gibraltar yang tercipta pada detik ke-8,1 juga menjadi gol tercepat di dunia. Catatan ini unggul 0,2 detik dari rekor gol tercepat sebelumnya milik pesepak bola San Marino, Davide Gualtieri saat berhadapan dengan Inggris pada babak kualifikasi Piala Dunia 1993.

Pemain Jerman, Lukas Podolski, sebenarnya pernah mencetak gol lebih cepat lagi, yakni 6 detik saat bertemu Ekuador 2013 lalu. Namun rekor tersebut tercipta pada level pertandingan persahabatan.

Tak hanya berhasil mencetak gol cepat, Benteke juga mengukir hattrick dalam duel melawan Gibraltar. Sedangkan tiga gol lainnya dicetak Alex Witsel, Dries Mertens, dan gelandang Chelsea, Eden Hazard.

"Yang paling penting adalah mencetak gol lebih awal," kata Benteke.

Tambahan tiga poin itu membuat Belgia semakin kokoh di puncak klasemen Grup H. Mereka hanya unggul selisih gol dari peringkat kedua, Yunani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini