Sukses

Menunggu Rekor Baru Tercipta di MotoGP 2016

Sejauh ini, telah ada 8 pembalap meraih podium di MotoGp 2016, sama dengan MotoGp 2000.

Liputan6.com, Tokyo - Peta persaingan di MotoGP 2016 boleh dibilang cukup menarik. Jumlah peraih podium di setiap seri, bahkan mampu menandingi rekor delapan pembalap yang sukses merebut podium pertama pada tahun 2000.

Ajang balap kuda besi pada tahun 2000 memang cukup menyedot perhatian pecinta balap di kelas 500cc. Pasalnya, ada delapan pembalap berbeda yang mampu merebut podium pertama. Adalah Kenny Roberts Jr, Garry McCoy, Max Biaggi, Alex Barros, Valentino Rossi, Alex Criville, Norick Abe dan Loris Capirossi.

Seiring waktu, sirkus MotoGP di kelas utama mampu menyamai rekor tersebut dengan menyegel podium pertama di musim ini. Adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Andrea Iannone, Jack Miller, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa.

Bahkan, rekor baru berpotensi tercipta. Jika di Montegi nanti muncul nama baru, di luar delapan pembalap di atas, yang tampil sebagai juara, maka ini akan jadi sejarah.

Peluang itu memang cukup besar, mengingat masih ada empat seri tersisa di musim ini. Perjalanan sirkus MotoGP akan dimulai di Sirkuit Twin Ring Motegi, akhir pekan ini.

Memang, balapan seri 15 nanti digadang-gadang bakal jadi penentu gelar juara dunia musim ini. Ramalan itu dilihat dari selisih poin Marc Marquez dengan urutan kedua Valentino Rossi yang terpaut 52 angka.

Namun, masalahnya, Marquez belum pernah sekali pun memenangkan balapan di Motegi sejak ia turun di kelas utama. Dan kesempatan ini akan dimaksimalkan sejumlah kompatriot mereka untuk menunda perayaan kemenangan The Baby Alien di kandang Repsol Honda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pedrosa dan Lorenzo Paling Konsisten

Hanya ada dua nama yang mampu tampil konsisten di Motegi: Dani Pedrosa (Honda), dan Jorge Lorenzo (Yamaha). Kedua pembalap tersebut masing-masing sudah mengumpulkan empat kemenangan.

Terlepas dari catatan tersebut ada beberapa pembalap yang bakal membuat kejutan. Maverick Vinales misalnya, joki tim Suzuki itu tentu ingin tampil maksimal mengingat akhir pekan nanti ia akan merayakan start ke-100-nya di arena grand prix balap Motor.

Selain Vinales, Andrea Dovizioso kemungkinan bakal tampil ngotot di Motegi. Apalagi sepanjang 14 seri balap musim ini, dia belum memberikan kemenangan untuk tim Ducati.

Akhir kata apakah pembalap MotoGP 2016 mampu melewati rekor enam tahun lalu atau Marquez mampu mengakhiri paceklik kemenangan di Motegi?

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap Berbeda Pemenang Seri MotoGP

1. Tahun 2000
Kenny Roberts Jr, Garry McCoy, Max Biaggi, Alex Barros, Valentino Rossi, Alex Criville, Norick Abe dan Loris Capirossi.

2. Tahun 2006
Valentino Rossi, Loris Capirossi, Marco Melandri, Nicky Hayden, Dani Pedrosa, Tony Elias, Troy Bayliss

3. Tahun 2009
Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso

4. Tahun 2015
Jorge Lorenzo, marc Marquez, Valentino Rossi, Dani Pedrosa

5. Tahun 2016
Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Andrea Iannone, Jack Miller, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, Dani Pedrosa

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini