Sukses

Tekuk Mitra Kukar, PBFC Menangkan Derby Mahakam

Pusamania Borneo FC berhasil mengamankan poin penuh dalam Derby Mahakam kali ini.

Liputan6.com, Samarinda- Pusamania Borneo FC kembali ke jalur kemenangan usai memenangkan partai Derby Mahakam melawan Mitra Kukar, pada Rabu (12/10/2016). Bermain di hadapan publik sendiri, Stadion Segiri, Samarinda, PBFC mengakhiri pertandingan lewat skor 3-2.

Dalam 15 menit pertama pertandingan, PBFC menguasai bola sementara Mitra Kukar masih bermain hati-hati. Tiga menit berselang, gol tuan rumah tercipta dari kaki Terens Puhiri.

Terens mencoba memanfaatkan umpan tandukan Lerby Eliandry dengan tembakan voli yang tepat mengarah ke gawang kiper Gerri Mandagi. 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tak butuh waktu lama untuk Mitra Kukar bisa menyamakan kedudukan. Lewat skema serangan balik, Marlon da Silva mencetak gol dengan mudah pada menit ke-34. Inilah gol ke-11 pemain asal Brasil tersebut di turnamen Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Lengah setelah selebrasi gol penyeimbang, Naga Mekes justru kebobolan semenit kemudian. Lerby yang baru saja meyumbangkan satu assist pada Derby Mahakam ini, mencatatkan namanya di papan skor. Putra daerah Samarinda ini menceploskan bola lewat heading cantik persis di muka gawang Gerri.

Hingga babak pertama selesai, skor tak berubah untuk keunggulan PBFC 2-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Situasi sempat berbalik di babak kedua karena Mitra Kukar mampu menguasai permainan. Terens yang mengancam sebelumnya berhasil diredam kecepatannya.

Sayang, terlalu asik menyerang membuat Naga Mekes kebobolan. Bek asing PBFC Jad Noureddine menyumbangkan satu gol dengan sundulan pada menit ke-55, hasil sepak pojok pemain anyar Pesut Etam Flavio Beck.

Berniat menambah daya gedor, pelatih Mitra Kukar Jafri Sasta memasukkan Yogi Rahadian untuk menggantikan gelandang serang Hendra Bayaw. Namun, gol tambahan akhirnya datang dari sepakan jarak jauh Victor 'Pulga' Herrero.

Pada menit ke-71, Pulga melakukan tendangan spekulasi dari tengah lapangan ke gawang kiper Dian Agus Prasetyo. Bola tak mampu dihalau Dian yang berdiri terlalu maju dari gawang.

Pusamania Borneo FC mencoba mengamankan skor 3-2 ini hingga wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit akhir pertandingan. Kemenangan ini menghapus luka setelah kalah pada pertemuan di derby sebelumnya.

Susunan pemain:

PBFC: Dian Agus; Diego Michiels, Firly Apriansyah, Jad Noureddine, Leonard Tupamahu, Jefri Kurniawan (Ricky Ohorella65'), Ponaryo Astaman, Flavio Beck, Terens Puhiri, Edilson Tavares (Sultan Samma 82'), Lerbi Eliandry (Hendra Ridwan 90+3').

Cadangan PBFC: M. Ridho, Gavin Kwan Adsit, Gerald Pangkali, Sultan Samma, Hendra Ridwan, Ricky Ohorella, Rachmat Latief

Mitra Kukar: Gerri Mandagi; Michael Yansen Orah (Asri Akbar 49'), Saepuloh Maulana, Deni Gusmawan, Bayu Pradana, Victor Herrero Forcada, Septian David Maulana, Anindito Wahyu Erminarno, Arifki Eka Putra, Hendra Bayaw (Yogi Rahadian 67'), Marlon da Silva.

Cadangan Mitra Kukar: Shahar Ginarjar, Joko Sidik, Zikri Akbar, M. Bahtiar, Asri Akbar, Dinan Javier, Yogi Rahadian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.