Sukses

Rapor Klopp Masih Cemerlang atas Mourinho

Dalam lima pertemuan kontra The Special One, Klopp mampu memetik 3 kemenangan, sedangkan dua lainnya berakhir imbang dan kekalahan.

Liputan6.com, Liverpool - Salah satu pertandingan terbesar di Inggris, Manchester United (MU) akan bersua Liverpool di laga lanjutan Liga Inggris, Selasa, (18/10/2016) di Anfield. 

Manajer masing -masing tim, Jose Mourinho dan Jurgen Klopp menyita pertandingan ini. Kedua pelatih sebelumnya sudah pernah bertemu di kompetisi Eropa, tapi duel pekan depan spesial lantaran mereka kini sama-sama menukangi tim terbesar, bukan hanya di Inggris tetapi juga di dunia.  

Bagi Klopp, Mourinho menjadi bulan -bulanan pelatih asal Jerman itu. Dalam lima pertemuan kontra The Special One, Klopp mampu memetik 3 kemenangan, sedangkan dua lainnya berakhir imbang dan kekalahan.

Sepanjang sejarang pertemuan, kedua pelatih sempat bersua di ajang Liga Champions musim 2012-13. Borussia Dortmund dan Real Madrid bertemu di fase grup dan babak semifinal. Suka atau tidak, Mourinho harus mengakui Klopp.

Berikut catatan pertemuan antara Mourinho dan Klopp sebagaimana dilansir dari Skysports: 

1. Fase grup D Liga Champions musim 2012-13.
Klopp dan Mourinho pertama kali bertemu pada fase grup Liga Champions grup  pada 2012 lalu. Ketika itu, Klopp masih menangani Borussia Dortmund, sedangkan Mourinho berstatus pelatih Real Madrid.

Dortmund  keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 dalam duel di Signal-Iduna Park.Klopp mengawali pertemuan kontra Mourinho dengan hasil impressif."Mereka mampu menguasai bola dengan baik, tapi ini bukan hasil buruk bagi kami," ujar pelatih berkacamata ini.

MU vs Liverpool

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbang di Bernabeu

2. Fase grup D Liga Champions musim 2012-13
Pada pertemuan kedua, Klopp dan Mourinho bermain imbang 2-2 dalam pertandingan di Santiago Bernabeu. Dalam pertandingan itu, bek Real Madrid, Alvaro Arbeloa melakukan blunder dengan melakukan gol bunuh diri. 

Madrid sendiri berhasil mencetak gol melalu Pepe dan Mesut Oezil.  Terlepas dari hasil imbang ini, Dortmund dan Madrid sama-sama lolos dari fase grup ketika itu. Mereka mendepak Ajax Amsterdam dan Manchester City.

3. Semifinal Liga Champions 2012-13
Masih di Liga Champions musim 2012-13, kedua pelatih kembali bertemu. Namun kali ini di babak lebih krusial, semifinal Liga Champions. Pada leg pertama, Dortmund berhasil menumbangkan Madrid dengan skor telak 4-1. 

Kemenangan itu membuat jalan Dortmund melangkah ke final semakin mudah. Dortmund memberondong gawang Madrid melalui quattrick (empat gol) Robert Lewandowski, sedangkan Madrid memperkecil kedudukan melalui Cristiano Ronaldo.

MU vs Liverpool

3 dari 3 halaman

Klopp Unggul

4. Semifinal Liga Champions 2012-13
Setelah tumbang 1-4 di pertemuan pertama, Madrid memetik kemenangan 2-0 di Santiago Bernabeu. Sayang, kemenangan ini tidak mampu menolong Madrid lolos ke babak selanjutnya. Klopp lebih unggul dan Madrid kalah dengan agregat 3-4.

"Saya bukan pelatih pintar untuk cukup memahami apa yang harus dikerjakan. Tetapi ini bukan masalah, sekarang saya akan tutup mulut dan sekarang semua ok," ujar Klopp sebagaimana dilansir dari Skysports selepas pertandingan ini.


5. Chelsea 1-3 Liverpool, Liga Inggris, Oktober 2015
Mourinho juga harus mengakui keunggulan Klopp ketika sama-sama bekerja di Inggris. Klopp mengantarkan Liverpool mengalahkan Chelsea dengan skor 3-1. Kekalahan dari Liverpool, Oktober 2015 lalu menjadi salah satu poin penting, Roman Abramovich memecat sang pelatih
.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Juergen Klopp

Video Terkini