Sukses

Duel Bintang PS TNI Vs Persija, Adu Cerdik Manahati-Hong Soon Hak

PS TNI akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (14/10/2016).

Liputan6.com, Jakarta Duel PS TNI melawan Persija Jakarta pada pekan ke-23 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo juga menjadi arena duel dua gelandang bertahan, Manahati Lestusen dan Hong Soon Hak. Peran kedua pemain ini di lini tengah masing-masing tim akan mempengaruhi jalannya pertarungan.

Manahati tentu bukan sosok baru bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Mantan pemain Timnas U-23 ini merupakan pemain serba bisa. Dia bisa bermain sebagai bek tengah maupun sebagai gelandang bertahan.

Di tim PS TNI, Manahati ditempatkan di tengah. Dia menjadi batu karang pertama bagi serangan lawan.

Permainan Manahati juga tak kenal kompromi. Tidak jarang pemain yang memperkuat Indonesia di SEA Games 2013 tersebut harus melakukan tackling untuk menghentikan serangan lawan. Tercatat dia melakukan tekel sukses sebanyak 65%. Tak hanya itu, Manahati juga berfungsi sebagai distributor bola.

Bola dari belakang biasanya akan diberikan kepadanya. Kemudian, dia yang mengatur akan memberikan kepada pemain lainnya. Kemampuannya dalam menjaga bola agar tak direbut pemain lawan patut diacungi jempol. Oleh karena itu tidak salah bila pelatih Suharto AD menempatkannya sebagai pembagi bola.

Kepiawaiannya dalam membagi bola juga cukup apik. Dia memiliki visi yang tajam. Akurasi operannya mencapai 78%. Ini menandakan bahwa dia paham kapan melepaskan umpan dan menahan bola.

Tidak hanya itu, Manahati juga memiliki keunggulan lain. Dia dibekali insting tajam mencetak gol saat membantu serangan. Hingga saat ini dia telah mengoleksi 3 gol. 

Lantas bagaimana dengan Soon Hak?

Gelandang Korsel tersebut sangat berpengalaman. Dia sebelumnya bermain untuk klub elite Korsel Suwon Samsung Bluewings. Soon Hak juga sempat menimba pengalaman di Eropa bersama klub Austria, Grazer AK.

Seperti halnya Manahati, Soon Hak juga berfungsi sebagai filter serangan lawan di lini tengah. Namun, Soon Hak lebih elegan karena dia bermain lebih kalem. Dia tak terlau sering melakukan tekel.

Perannya lebih pada distributor bola. Dialah yang bertugas membagi bola usai mendapat operan dari belakang. Akurasi operannya mencapai 79%.

Seperti halnya Manahati, Soon Hak juga punya kemampuan melepaskan tembakan jarak jauh. Upayanya tersebut telah membuahkan 2 gol. Soon Hak dan Manahati merupakan gelandang yang memiliki peran dalam menjaga kestabilan lini tengah. Keduanya merupakan jenderal di lini tengah masing-masing tim.

 

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.