Sukses

Rahasia MU Kalahkan Arsenal Soal Transfer Ronaldo

Persoalan dana yang membuat Arsenal gagal merekrut Ronaldo.

Liputan6.com, Manchester - Merekrut Cristiano Ronaldo adalah salah satu transfer terbaik yang pernah dilakukan Manchester United. Butuh upaya keras dari MU karena mereka harus bersaing dengan Arsenal untuk mendapatkan Ronaldo.

Sejak menimba ilmu bersama Sporting Lisbon pada 1997, Ronaldo langsung mencuri perhatian banyak pihak. Banyak klub yang berlomba-lomba untuk mendapatkan jasa Ronaldo. Terlebih saat Ronaldo sudah mulai memperkuat tim inti Sporting pada 2002.

Mantan pencari bakat Arsenal, Damien Comolli, pun sempat berupaya untuk mendatangkan Ronaldo ke London. Sayang, upayanya tak membuahkan hasil karena The Gunners tidak memiliki uang.

"Pertama kali saya melihat Ronaldo ketika turnamen di Montaigu dan ia masih 15 tahun. Saat jeda, ia menghubungi kontak saya di Portugal dan saya mengatakan bahwa saya telah melihat seorang fenomenal. Saya tak pernah melihat seperti itu sejak Thierry Henry," tutur Comolli seperti dilansir Mirror.

"Ia datang ke tempat latihan dua kali. Tak ada yang tahu itu. Ia bertemu Thierry, seseorang yang menjadi idolanya. Namun, ketika datang saatnya untuk transfer, di sana tak ada uang."

Cristiano Ronaldo saat masih berkostum Manchester United. (AFP/Andrew Yates)
"Sebuah kemudian, MU menjalin kerjasama dengan Sporting, mereka memainkan laga persahabatan di Lisbon. Saat itu, Alex Ferguson langsung berkata 'Ia harus segera datang ke Manchester United," tutup Comolli.

Pada akhirnya, MU yang sukses mendapatkan pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu. Nilai transfernya dari Sporting mencapai 17,5 juta euro.

Bersama MU, ia mencetak 118 gol dan 62 assist dari 291 laga. Ronaldo juga memenangkan tiga gelar Liga Inggris, dua Piala Liga, tiga Community Shield, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

Video Terkini