Sukses

Aoyama Gantikan Pedrosa di MotoGP Jepang

Liputan6.com, Motegi - Repsol Honda sudah menyiapkan pengganti Dani Pedrosa di Motegi. Adalah mantan juara dunia 250cc Hiroshi Aoyama, yang bakal menjadi mitra Marc Marquez di kampung halaman Honda.

Pedrosa akan menjalani operasi tulang selangka kanan di Spanyol setelah ia mengalami kecelakaan tunggal pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Jumat (14/10/2016). Rencananya joki Repsol Honda itu akan terbang malam ini.

Pedrosa saat ini masih dalam kondisi shock berat akibat terlempar dari kuda besi RC213V saat pemilik nomor 26 itu kehilangan keseimbangan di tikungan 11.

Meski belum ada pernyataan resmi dari tim Honda mengenai peluang tampil di seri 15 akhir pekan ini, namun diramalkan ia bakal melewatkan balapan di Grand Prix Jepang.

Hal ini didasarkan pada proses penyembuhan yang bakal memakan waktu. Ketika ditanya apa penyebab kecelakaan tersebut, dia menjawab di menit terakhir FP2 ia kehilangan perasaan pada bagian belakang saat memasuki tikungan 11. Tapi ketika ia sudah menemukan grip pada ban belakang dirinya malah terlempar dari RC213V.

1 dari 2 halaman

Pedrosa Sedih

Pedrosa Sedih

"Saya jelas sangat sedih tentang apa yang terjadi, karena saya sudah tak sabar untuk balapan di Jepang (kandang Honda). Ditambah itu merupakan trek favorit saya. Tidak ada banyak lagi yang bisa dikatakan, sekarang saya hanya ingin fokus pada penyembuhan agar saya bisa kembali mengendarai motor," kata Pedrosa seperti dikutip Crash.

Sirkuit Twin Ring Motegi diketahui merupakan arena pacuan kuda besi pertama dari tiga seri Asia yang akan berlangsung dalam tiga pekan berturut-turut.

Melihat kondisi yang dialami Pedrosa telah memunculkan banyak spekulasi bahwa dia kemungkinan baru mengaspal di seri terakhir Grand Prix Valencia, November mendatang.

(David Permana)