Sukses

Tercepat di Latihan Bebas, Dovizioso Pede Tatap MotoGP Jepang

Liputan6.com, Motegi - Andrea Dovizioso, pembalap Ducati, mendapatkan hasil positif pada dua sesi pertama latihan bebas MotoGP Jepang 2016 di Sirkuit Motegi, Jumat (14/10/2016). Kecepatannya bahkan mengalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Dovi berkesempatan kembali merebut podium di lintasan yang disebut-sebut sebagai kandang Honda tersebut. Pada latihan bebas pertama, Dovi menjadi yang tercepat setelah unggul 0,245 detik atas Marquez, pembalap Honda.

Pada latihan bebas kedua, Dovi memang kalah cepat dari Jorge Lorenzo, pembalap Movistar Yamaha. Namun, Dovi hanya terpaut 0,053 detik dari Lorenzo yang menempati posisi terdepan.

"Saya sangat senang dengan start hari ini karena kami memiliki kecepatan. Selalu penting bisa melakukan start seperti ini di hari pertama. Sore tadi, dengan strategi ban, kami mendapatkan waktu yang baik," kata Dovi seperti dikutip Crash.

Sejak 2008, Dovi tak pernah absen balapan di Motegi. Sayang, ia kerap mendapatkan hasil yang mengecewakan. Meski begitu, momen manis sempat dijalani Dovi pada MotoGP Jepang 2010 saat ia finis sebagai runner up.

"Meski begitu, kami tetap harus kerja keras karena tak mudah untuk menguasai karakter ban, khususnya di trek ini di mana pengereman begitu keras dan bukan karakter yang terbaik untuk Michelin. Jadi, kami harus bisa mengimprovisasi karena kami tak bisa menekan rem depan terlalu banyak," tutur Dovi.

Sesi latihan bebas kedua MotoGP Jepang sendiri dihiasi dengan berbagai insiden. Tercatat, ada tiga pembalap yang mengalami kecelakaan, yakni Dani Pedrosa, Pol Espargaro, dan Eugene Laverty.

Bahkan, pembalap terakhir yang disebutkan harus dibawa ke rumah sakit terdekat menggunakan helikopter. Sedangkan Pedrosa mengalami patah tulang selangka bagian kanan. Pedrosa akhirnya dinyatakan tak bisa beraksi pada MotoGP Jepang dan akan digantikan dengan Hiroshi Aoyama.