Sukses

Kandidat Peraih Ballon d'Or: Membandingkan Messi dan Ronaldo

Statistik kiprah Messi dan Ronaldo bisa dijadikan sebagai referensi untuk pemilik suara.

Liputan6.com, Zurich - Siapa saja pemain yang bakal masuk dalam daftar nominasi Pemain Terbaik Dunia (Ballon d'Or) baru akan dirilis pada November 2016 mendatang. Sebulan kemudian, tiga kandidat peraih Ballon d'Or akan diumumkan atau setelah proses pemungutan suara selesai.

Rencananya, pada 9 Januari 2017, bertempat di Zurich, FIFA akan mengumumkan siapa pemain terbaik musim 2015/2016. Tentu tak sah rasanya jika tidak menempatkan nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai calon pemenang.

Kedua pemain yang sama-sama merumput di Liga Spanyol itu disebut sebagai kandidat terkuat peraih Ballon d'Or. Sudah bisa dipastikan jika penggemar, pemain, hingga legenda sepak bola punya jagoan mereka masing-masing.

Seperti halnya Ronaldinho. Mantan bintang Barcelona itu lebih memilih Messi ketimbang Ronaldo. Walaupun La Pulga hanya kebagian jatah Liga Spanyol di musim lalu, namun sosoknya masih dianggap berpengaruh baik di klub maupun tim nasional.

"Semua pemain telah melakukan pekerjaan yang brilian, sangat sulit untuk memilih. Tapi oke saya akan jujur kepada Anda bahwa saya mendukung Messi!" bebernya seperti dikutip as.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ronaldo Lebih Unggul?

Musim 2015-2016, Messi mengoleksi 41 gol dan 21 assist dari 48 penampilan di semua kompetisi bersama Barcelona. Melihat statistik tersebut, Ronaldo jelas lebih diunggulkan ketimbang rivalnya itu.

Secara total dia berhasil mengoleksi 51 gol dan 15 assist dari 47 penampilannya bersama Real Madrid. Dan CR7 sukses mengantarkan Los Blancos jawara Liga Champions untuk ke-11 kalinya. Ditambah, mantan pemain Manchester United itu berhasil membawa Portugal merebut Piala Eropa 2016 untuk kali pertama, Juli lalu.

Statistik ini tentu bisa dijadikan sebagai referensi untuk pemilik suara. Termasuk para jurnalis yang kebagian jatah untuk memberikan penilaian kepada para finalis Ballon D’Or 2016.

3 dari 3 halaman

Infografis Messi Vs Ronaldo

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini