Sukses

FIFA Setujui Kongres PSSI Ditunda

FIFA menyetujui permintaan Kongres PSSI ditunda, tapi tidak lebih dari 10 November.

Liputan6.com, Jakarta Kongres Pemilihan PSSI yang dijadwalkan akan berlangsung pada 17 Oktober 2016 dipastikan ditunda. Bahkan, penundaan itu sudah disetujui oleh FIFA selaku otoritas sepak bola dunia.

 

Dalam surat resminya yang ditujukan kepada Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto tertanggal 14 Oktober 2016, FIFA mengaku telah menerima informasi dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengenai rencana penundaan Kongres PSSI hingga 10 November 2016. Sementara untuk lokasi kongres akan digelar di Jakarta, dari sebelumnya di Makassar.

FIFA menyatakan bisa memahami dan menerima alasan Exco PSSI, yang menyebutkan pemindahan lokasi akan memengaruhi logistik dari perseiapan. "Namun, kami juga menegaskan bahwa tidak ada penundaan lebih lanjut lebih dari 10 November untuk penyelenggaraan Kongres PSSI," demikian bunyi surat FIFA yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Fatma Samoura.

Dalam surat tersebut, FIFA juga menegaskan merestui para kandidat yang akan bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan, Komite Eksekutif PSSI.

"Kami memahami daftar kandidat untuk pemilihan Komite Eksekutif PSSI tetap sama seperti yang telah ditetapkan Komite Pemilihan PSSI." lanjut pernyataan FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenpora dan PSSI Tidak Akur

Seperti diberitakan sebelumnya, Exco PSSI telah menunjuk Makassar sebagai lokasi Kongres Pemilihan pada 17 Oktober 2016. Tapi, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tidak memberikan rekomendasi jika kongres digelar di Makassar.

Imam merekomendasikan agar kongres dipindah ke Yogyakarta. Dia berharap spirit kembalinya sepak bola dijadikan landasan untuk memilih Yogyakarta sebagai lokasi Kongres Pemilihan.

Pada Rabu (12/10/2016) lalu, pihak Kemenpora bertemu dengan PSSI. Dalam pertemuan tersebut, secara mengejutkan Kemenpora mengumumkan jika lokasi kongres pemilihan dipindahkan ke Jakarta. Tetapi sehari kemudian, melalui rapat Exco, PSSI tetap memutuskan kongres digelar digelar di Makassar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.