Sukses

12 Fakta Menarik TSC 2016 Pekan ke-23

PSM kalah setelah 10 laga tak terkalahkan, Persija menang 3 kali berturut-turut.

Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, presented by IM3 Ooredoo, telah menyelesaikan laga pekan ke-23. Total tercipta 24 gol dari 9 pertandingan. Dibandingkan pekan ke-22, terdapat peningkatan dalam jumlah gol meski hanya berselisih dua gol.

Pada pekan ke-22 tercipta 22 gol. Sorotan dalam pekan ke-23 ini tentu saja Persija Jakarta. Tim asuhan M. Zein Alhadad tersebut kembali meraih kemenangan. Bertandang ke markas PS TNI, mereka menang 2-1. Itu menjadi kemenangan ketiga Persija secara beruntun dan yang pertama di TSC 2016.

Selain itu, untuk pertama kali pula Persija berhasil menang di kandang lawan. Mereka sebelumnya tak pernah menang saat melawat ke kandang lawan.

PSM Makassar juga gagal meneruskan rekor tak pernah kalah menjadi 11 laga beruntun. Di kandang Arema Cronus mereka kalah 0-2.  

Hal menarik lain adalah Keberhasilan Alberto Goncalves mencetak ha-trick. Dia menjadi pemain pertama di TSC 2016 yang mengemas hat-trick di babak pertama. Selain itu, dia juga menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick yang semuanya berasal dari sundulan.

Berikut ini sejumlah fakta menarik yang terjadi pada pekan ke-23 TSC 2016. Apa sajakah?

1. Pekan ke-23 total tercipta 24 gol. Ini mengalami peningkatan dibanding pekan ke-22 yang tercipta 22 gol.

2. Dari 24 gol tersebut, sebanyak 17 gol dicetak oleh pemain asing. Sedangkan pemain lokal hanya menghasilkan 7 gol.

3. Persija Jakarta akhirnya berhasil meraih kemenangan tandang pertama. Itu dilakukan di kandang PS TNI. Selain itu, Persija untuk ketiga kalinya menang 3 kali beruntun dan itu yang pertama mereka lakukan di TSC 2016.

4. Dengan kemenangan Persija di kandang PS TNI dan menjadi kemenangan tandang pertama, saat ini tinggal Semen Padang, Barito Putera, dan PS TNI yang belum pernah meraih kemenangan tandang.

5. Alberto "Beto" Goncalves menjadi pemain pertama di TSC 2016 yang mencetak hat-trick di babak pertama. Dia juga menjadi pemain pertama di TSC 2016 yang mencetak hat-trick lewat sundulan semua.

6. Beto juga menyamai rekor Lerby Eliandry yang mencetak 6 gol lewat sundulan di TSC 2016.  

7. Bali United menjadi tim pertama di TSC 2016 yang mendapat hukuman penalti dalam tiga laga secara beruntun. Terakhir, Bali United dihukum penalti saat melawat ke kandang Persela Lamongan pada pekan ke-23.

8. Shohei Matsunaga (Persiba Balikpapan) menjadi pemain yang paling sering mencetak gol dari penalti. Dia sudah 7 kali mencetak gol dari penalti.

9. Tiga pencetak gol terbanyak sementara di TSC 2016 masih dikuasai pemain asing dan sama-sama mencetak 14 gol. Mereka adalah Marcel Sacramento (Semen Padang), Pablo Rodrigues (Madura United), dan Beto (Sriwijaya FC)

10. Semen Padang berhasil meneruskan rekor tak terkalahkan di kandang sendiri. Menjamu Perseru Serui, tim asuhan Nilmaizar tersebut menang 2-0.

11. Persela Lamongan akhirnya meraih kemenangan setelah dalam 5 laga terakhir tak pernah menang. Bomber Ivan Carlos akhirnya mencetak gol pertama bagi Persela di TSC 2016.

12. Rekor tak terkalahkan PSM Makassar akhirnya terhenti. Mereka kalah di kandang Arema Cronus. PSM hanya mampu menyamai catatan Madura United yakni 10 laga beruntun tak pernah kalah.

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.