Sukses

4 Pesepak Bola Sukses yang Jadi Manajer Liga Inggris

Ada empat pesepak bola sukses yang saat ini menangani klub Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Meneruskan karier sebagai manajer merupakan sebagian besar ambisi pesepak bola. Namun tidak semua pesepak bola meraih kesuksesan setelah menjadi otak di pinggir lapangan.

Ya, beragam gelar saat menjadi pemain seolah tidak berguna lagi ketika menjadi pelatih. Bahkan ketika gagal, karier cemerlang sebagai pemain juga ikut tertutup.

Namun, tidak sedikit pula pesepak bola hebat yang sukses ketika menjadi pelatih. Mereka tetap bergelimang gelar seperti saat masih di dalam lapangan.

Ada empat pesepak bola sukses yang saat ini menangani klub Liga Inggris. Siapa saja mereka, berikut ulasannya seperti dilansir The Sun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Antonio Conte

Conte merupakan salah satu legenda Juventus. Ia merupakan kapten tim tersebut selama berkarier di sana.

Conte yang berposisi sebagai gelandang menyumbangkan lima gelar Serie A Italia bagi Juventus. Selain itu ia sukses menyumbang gelar Coppa Italia, Piala Super Italia, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Setelah meneruskan karier sebagai pelatih, prestasinya tak kalah cemerlang. Ia mampu memberikan lima gelar bagi Juventus.

Sekarang Conte menangani Chelsea. Patut ditunggu kelihaian strateginya untuk mengembalikan The Blues sebagai klub juara.

3 dari 5 halaman

2. Mark Hughes

Hughes merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah membela MU. Ia sukses menyumbangkan 11 gelar selama di sana.

Bahkan Hughes sempat menjadi pemain termahal klub saat MU membelinya kembali pada 1988. Ia membuktikan ketajamannya dan membawa MU meraih gelar Liga Inggris pertamanya pada tahun 1993.

Sayangnya, karier Hughes setelah menjadi manajer tidak terlalu bagus. Ia belum pernah meraih gelar bergengsi sejauh ini.

Meski demikian, Hughes masih dipercaya untuk menjadi manajer Stoke sejak dua tahun lalu.

4 dari 5 halaman

3. Ronald Koeman

Koeman disebut-sebut sebagai salah satu bek tengah terbaik sepanjang sejarah. Ia terkenal dengan umpan jauh, akurasi tendangan bebas, dan visinya sebagai bek.

Koeman merupakan andalan Barcelona di era 90-an. Di bawah asuhan Johan Cruyff, Koeman membantu Blaugrana meraih 10 gelar.

Kiprah gemilangnya terus berlanjut setelah memutuskan menjadi pelatih. Ia sukses menyumbang minimal satu gelar di Ajax Amsterdam, Benfica, PSV, Valencia, dan AZ Alkmaar.

Kini sudah dua klub Liga Inggris yang ditangani Koeman. Setelah dua musim menangani Southampton, Koeman berpindah ke Everton.

5 dari 5 halaman

4. Pep Guardiola

Guardiola merupakan sosok yang paling cemerlang sebagai pemain dan pelatih. Pria asal Spanyol itu selalu sukses menyumbang gelar baik sebagai pemain maupun pelatih.

Sebagai pemain, Guardiola mampu menyumbang 16 gelar di Barcelona. Ia juga membawa Spanyol meraih medali emas Olimpiade tahun 1992.

Sebagai manajer, kiprahnya lebih sukses lagi. Ia gemilang bersama Barcelona dan Bayern Muenchen.

Sekarang Guardiola menangani Manchester City. Peluang untuk meraih gelar semakin terbuka karena City menjalani start yang bagus musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.