Sukses

Italia Gabung Grup Berat

Juara PD 2006 Italia tergabung dalam grup berat di babak kualifikasi Piala Eropa 2012. Dari undian yang digelar Minggu (7/2), Italia masuk dalam Grup C bersama-sama Serbia, Irlandia Utara, dan Slovenia.

Liputan6.com, Warsawa: Juara Piala Dunia 2006, Italia, tergabung dalam grup berat di babak kualifikasi Piala Eropa 2012 yang akan digelar di Polandia-Ukraina. Dalam acara drawing atau pengundian grup yang digelar di Warsawa, Minggu (7/2) siang waktu setempat, Gli Azzurri ditempatkan di Grup C bersama-sama Serbia, Irlandia Utara, dan Slovenia. Dua tim “kecil” dalam grup ini adalah Estonia dan Kepulauan Faroe.

Berdasarkan koefiesien UEFA, Italia termasuk salah satu dari sembilan negara yang ditempatkan di pot pertama atau unggulan teratas. Delapan negara lainnya adalah juara bertahan Spanyol, Jerman, Belanda, Inggris, Kroasia, Portugal, Prancis, dan Rusia. Kesembilan negara tersebut dipisahkan ke dalam sembilan grup. Dalam drawing ini, UEFA menetapkan enam pot atau unggulan.

Karena anggota yang berhak tampil di babak kualifikasi mencapai 51 negara, maka enam grup berisikan enam tim, sementara tiga tim lainnya hanya terdiri dari lima negara. Masing-masing juara grup plus runner-up grup terbaik bakal langsung lolos ke putaran final.

Dengan jatah 14 tiket dari 16 negara peserta—dua di antaranya otomatis menjadi milik tuan rumah bersama, Polandia dan Ukraina—maka sisa kuota yang berjumlah empat tiket akan diperebutkan oleh delapan runner-up grup yang akan menjalani partai play-off dalam dua laga (leg). Babak kualifikasi itu sendiri baru akan dimulai pada 3-4 September 2010 dan berlangsung sampai Oktober 2011. Play-off dijadwalkan pertengahan November 2011.

Berikut daftar pembagian grup kualifikasi Euro 2012:
Grup A: Jerman, Turki, Austria, Belgia, Kazakhstan, Azerbaijan.
Grup B: Rusia, Slovakia, Republik Irlandia, Macedonia, Armenia, Andorra.
Grup C: Italia, Serbia, Irlandia Utara, Slovenia, Estonia, Kep. Faroe.
Grup D: Prancis, Rumania, Bosnia-Herzegovina, Belarusia, Albania, Luksemburg.
Grup E: Belanda, Swedia, Finlandia, Hungaria, Moldova, San Marino.
Grup F: Kroasia, Yunani, Israel, Latvia, Georgia, Malta.
Grup G: Inggris, Swiss, Bulgaria, Wales, Montenegro
Grup H: Portugal, Denmark, Norwegia, Siprus, Islandia.
Grup I: Spain, Republik Ceska, Skotlandia, Lithuania, Liechtenstein.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.