Sukses

Dalam Kondisi Sakit Rossi Mampu Rebut Pole MotoGP Jepang

Liputan6.com, Motegi - Valentino Rossi mencatatkan waktu tercepat saat babak kualifikasi MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Motegi, Sabtu (15/10/2016) siang WIB. Catatan waktu terbaiknya, yakni  satu menit 43,954 detik.

Ini merupakan kali ketiga pembalap Movistar Yamaha itu meraih pole position sepanjang MotoGP 2016. Keberhasilan di babak kualifikasi membuat Rossi berhasil memecahkan masalah yang dihadapi saat sesi latihan bebas, kemarin.

Saat sesi latihan bebas, Rossi sempat bingung menentukan ban yang bakal dipakai untuk babak kualifikasi. Rossi sempat menggunakan ban keras dan lembut, tapi tidak berhasil mendapat catatan waktu terbaik.

"Ini sangat fantastis, pole ketiga musim ini, jumlah yang sangat bagus. Ketika saya melihat catatan waktunya, saya sangat senang," ucap Rossi, seperti dikutip dari Crash.

1 dari 2 halaman

Temukan Keseimbangan yang Tepat

"Sebelum melakukan sesi latihan bebas keempat, kami melakukan pekerjaan yang sempurna. Akhirnya, kami bisa menemukan keseimbangan yang tepat. Saya senang bisa memulai balapan dari posisi terdepan," kata Rossi.

Meski puas dengan hasilnya, pembalap berusia 37 tahun tersebut mengaku sedang tidak enak badan. "Hari ini saya sedang tidak 100 persen, saya sedikit sakit. Fisik saya sedang tidak fantastis," ujar Rossi.

Di babak kualifikasi, pembalap Italia itu unggul 0,184 detik dari rider Repsol Honda Team, Marc Marquez yang harus puas di posisi kedua. Rossi juga mengalahkan rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang mencatatkan waktu tercepat ketiga.