Sukses

Menghitung Kans Arema Kejar Madura United

Liputan6.com, Malang - Arema Cronus sukses meraih kemenangan 2-0 atas PSM Makassar pada laga pekan ke-23 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Gajayana, Malang, Jumat (14/10/2016) malam WIB. Kemenangan ini membuat Singo Edan kembali menempel ketat Madura United di posisi puncak klasemen TSC 2016.

Gol kemenangan Arema dicetak Cristian Gonzales (20') dan Esteban Vizcarra (37'). Tambahan tiga poin ini membuat Arema berada di peringkat kedua dengan koleksi 43 poin. Mereka hanya terpaut empat angka dari Madura United yang kukuh di pucuk klasemen dengan koleksi 47 poin.

Kendati menang misi Arema untuk menggusur Madura United dari puncak klasemen dipastikan bakal sangat berat. Sebab, skuat asuhan Milomir Seslija ini akan menjalani lawan yang berat dalam lima pekan ke depan.

Pada pekan mendatang, Arema akan menghadapi Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Semen Padang, Persela Lamongan, dan Perseru Serui. Jika dilihat, mungkin di atas kertas Singo Edan kemungkinan hanya bisa meraih tiga poin saat melawan Persela Lamongan.

Sementara untuk meraih poin sempurna dari keempat klub lain diprediksi akan sangat sulit. Sebab, Macan Kemayoran saat ini sedang mengalami peningkatan performa pasca meraih hattrick kemenangan di laga terakhir.

Lalu Persipura, Semen Padang, Perseru yang tercatat memiliki rekor kandang yang apik. Bahkan, klub terakhir menjadi salah satu tim peserta TSC 2016 yang belum terkalahkan jika bermain di kandang. Dengan jadwal dan kondisi lawan seperti ini tampaknya Arema bakal tetap berada di peringkat kedua.

1 dari 2 halaman

Jadwal Lebih Ringan

Di sisi lain, ketimbang Arema, Madura United memiliki jadwal yang bisa dibilang lebih ringan. Klub berjulukan Sape Kerrab ini dalam lima pekan ke depan akan menghadapi Bali United, Bhayangkara FC, Mitra Kukar, Persegres Gresik United, dan PSM Makassar.

Diprediksi, MU bakal mampu meraih tiga poin ketika berhadapan dengan Bali United dan Gresik United yang saat ini sedang mengalami krisis kemenangan. Sedangkan tiga laga lainnya, skuat asuhan Gomez de Oliviera ini tetap berpeluang mencuri poin meski bukan raihan sempurna.

Kendati sulit, Arema tetap memiliki peluang untuk mengkudeta MU dari puncak klasemen. Sebab, lini depan Arema yang sempat mandul dalam beberapa laga terakhir sudah mulai kembali menemukan tajinya. Hal itu dibuktikan usai Cristian Gonzales dan Esteban Vizcarra mampu mencetak gol ke gawang PSM Makassar pada pekan ke-23.

Selain itu, kedalaman skuat Arema juga lebih unggul ketimbang Madura United. Nama-nama pemain cadangan Singo Edan seperti Sunarto, Arif Suyono, Ferry Aman Saragih hingga Ryuji Utomo tentu memberi kenyamanan bagi pelatih Milomir Seslija untuk melakukan rotasi atau saat diterpa badai cedera.

Sedangkan MU meski memiliki kedalaman skuat yang cukup baik, kualitas mereka tidak sebaik Arema. Diketahui, pemain cadangan MU saat ini diisi oleh pemain semacam, Elthon Maran, Gilang Ginarsa, Jeki Arisandi, Guntur Ariyadi hingga Rishadi Fauzi.

Andai dalam perjalanan MU mengalami permasalahan cedera pemain, dengan kedalaman skuat seperti ini, tentu bakal berpengaruh terhadap penampilan saat bertanding. Jika permasalahan ini terjadi, bisa saja Arema bakal menggusur MU dari puncak klasemen.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)