Sukses

Sengitnya Sejarah Pertemuan MU dan Liverpool

Liputan6.com, Liverpool - Meski bukan rival sekota, pertarungan antara Manchester United dan Liverpool selalu dinanti banyak orang. Maklum, tingkat rivalitas kedua tim sudah mendarah daging sejak dulu.

Drama kerap terjadi dalam pertemuan Liverpool dan Manchester United. Kebetulan, kedua tim akan kembali bertemu pada pekan kedelapan Liga Inggris 2016/2017 di Anfield Stadium, Selasa (18/10/2016) dinihari WIB. Meski start yang dilakukan MU bersama Jose Mourinho tak cukup memuaskan, bukan berarti mereka tak memiliki peluang.

Ini juga akan menjadi pertarungan 225 kedua tim dalam tajuk The North West Derby. Dari 224 pertemuan sebelumnya, The Red Devils sedikit lebih unggul dengan koleksi 87 kemenangan. Sedangkan Liverpool sudah menorehkan 75 kemenangan. Dan, 62 pertemuan lainnya berakhir tanpa pemenang.

Suporter Liverpool selalu menyuguhkan pemandangan menarik saat tim kesayangan mereka bertemu Manchester United. (Reuters/Carl Recine)

Dari data yang dilansir Manchester Evening News, Liverpool sempat mendominasi pertemuan dengan MU selama 122 tahun hingga pertengahan 1980-an. Ketika sepak bola kembali dimainkan usai Perang Dunia II, Liverpool memenangkan 32 duel dan MU hanya 23 kali.

Aksi saling mengejar kembali terjadi sejak awal 1960-an. Rekor pertemuan antara MU dan Liverpool sempat berimbang, yakni sama-sama 34 kemenangan. Namun, The Reds kembali menunjukkan kehebatannya di akhir 1970-an.

1 dari 2 halaman

Awal Dominasi MU

Itu karena mereka mampu mengoleksi 50 kemenangan, sedangkan Setan Merah hanya mengamankan 45 kemenangan. Sayang, secara keseluruhan di 1980-an, Liverpool sempat hanya bisa memenangkan empat dari 25 pertemuan. Berbeda dengan MU yang sukses mengoleksi 10 kemenangan.

Catatan itu membuat MU mulai mengungguli rekor pertemuan dengan 55 kemenangan dan Liverpool 54 kemenangan. Sejak awal 1990-an, dominasi MU semakin tak terbendung. Total, 32 kemenangan sukses mereka kantongi. Dan, Liverpool hanya mendapatkan 21 kemenangan.

Sejak 11 Mei 1996, MU pun selalu unggul dalam rekor pertemuan dengan Liverpool dengan total 87 kemenangan. Meski begitu, rapor tersebut tak bisa dijadikan sebagai tolak ukur hasil pada pertemuan kali ini. Sebab, Liverpool yang dilatih Jurgen Klopp tengah dalam kepercayaan tinggi.