Sukses

Rebut Pole Position, Rossi Samai Rekor Lorenzo dan Marquez

Liputan6.com, Tokyo - Rekor baru pecah di Sirkuit Twin Ring Motegi. Itu adalah gambaran yang terjadi jelang MotoGP Jepang, Minggu (16/10/2016). Pasalnya, Valentino Rossi mampu mengikuti jejak dua kompetitornya Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dengan meraih pole position untuk ke-64 kalinya.

Rossi memang tampil gemilang pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang, di Motegi, Sabtu (16/10) siang. Dia sukses mencatat 64 kali raih pole position setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 43.954 detik.

"Dapat meraih posisi pole selalu memiliki perasaan khusus. Ini lebih karena kami berjuang sepanjang waktu selama latihan bebas dan kualifikasi," ujar Rossi seperti dikutip Crash.

Meski begitu, sukses merebut pole position tak lantas membuat pembalap berusia 37 tahun itu jumawa. Ia mengakui bahwa peluang Marquez dan Lorenzo untuk merebut podium juara jauh lebih besar darinya.

"Kami cukup dekat, tapi sepertinya Jorge dan Marc sedikit lebih cepat dari saya. Begitu pula (Andrea) Dovizioso dan (Cal Crutchlow), mereka sangat kuat. Tapi, saya berpikir bahwa Marquez, Lorenzo, dan saya adalah yang terkuat," tutur Rossi.

1 dari 2 halaman

Lorenzo Lebih Dulu

Lorenzo sebenarnya lebih dulu mencatatkan rekor 64 kali merebut pole position sepanjang karienya menekuni balap kuda besi di Grand Prix San Marino 11 September 2016. Dua pekan kemudian giliran Marquez yang mengekor keberhasilan rekan senagaranya.

Ya, walaupun usianya masih sangat muda, Marquez sudah mengoleksi tempat di barisan terdepan sebanyak 64 kali. Dia membukukan catatan itu saat mencetak catatan waktu tercepat di kualifikasi jelan Grand Prix Aragon, 24 September lalu.

Dengan demikian, persaingan balapan MotoGP seri ke-15 musim ini bakal menarik. Sebab ketiga kandidat juara berada di gird pertama dan ini akan menarik mengingat ketiganya ingin memberikan yang terbaik di depan pendukung tim Pabrikan Jepang.

(David Permana)