Sukses

Rebut Pole Position, Rossi Samai Rekor Lorenzo dan Marquez

Rossi meraih pole position ke-64 di sesi kualifikasi MotoGP Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Rekor baru pecah di Sirkuit Twin Ring Motegi. Itu adalah gambaran yang terjadi jelang MotoGP Jepang, Minggu (16/10/2016). Pasalnya, Valentino Rossi mampu mengikuti jejak dua kompetitornya Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dengan meraih pole position untuk ke-64 kalinya.

Rossi memang tampil gemilang pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang, di Motegi, Sabtu (16/10) siang. Dia sukses mencatat 64 kali raih pole position setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 43.954 detik.

"Dapat meraih posisi pole selalu memiliki perasaan khusus. Ini lebih karena kami berjuang sepanjang waktu selama latihan bebas dan kualifikasi," ujar Rossi seperti dikutip Crash.

Meski begitu, sukses merebut pole position tak lantas membuat pembalap berusia 37 tahun itu jumawa. Ia mengakui bahwa peluang Marquez dan Lorenzo untuk merebut podium juara jauh lebih besar darinya.

"Kami cukup dekat, tapi sepertinya Jorge dan Marc sedikit lebih cepat dari saya. Begitu pula (Andrea) Dovizioso dan (Cal Crutchlow), mereka sangat kuat. Tapi, saya berpikir bahwa Marquez, Lorenzo, dan saya adalah yang terkuat," tutur Rossi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lorenzo Lebih Dulu

Lorenzo sebenarnya lebih dulu mencatatkan rekor 64 kali merebut pole position sepanjang karienya menekuni balap kuda besi di Grand Prix San Marino 11 September 2016. Dua pekan kemudian giliran Marquez yang mengekor keberhasilan rekan senagaranya.

Ya, walaupun usianya masih sangat muda, Marquez sudah mengoleksi tempat di barisan terdepan sebanyak 64 kali. Dia membukukan catatan itu saat mencetak catatan waktu tercepat di kualifikasi jelan Grand Prix Aragon, 24 September lalu.

Dengan demikian, persaingan balapan MotoGP seri ke-15 musim ini bakal menarik. Sebab ketiga kandidat juara berada di gird pertama dan ini akan menarik mengingat ketiganya ingin memberikan yang terbaik di depan pendukung tim Pabrikan Jepang.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini