Sukses

Bungkam Swansea, Arsenal Tempel Ketat City

Liputan6.com, London - Arsenal semakin memanaskan persaingan di barisan atas klasemen Liga Inggris 2016/2017. Itu setelah The Gunners merebut tiga poin lewat kemenangan 3-2 atas Swansea City pada pekan kedelapan di Emirates Stadium, Sabtu (15/10/2016).

Tren positif Arsenal di musim ini terus berlanjut. Sejak kalah 3-4 dari Liverpool pada pekan perdana Liga Inggris, belum ada tim yang mampu kembali menaklukkan mereka. Tercatat, sudah 11 laga dilewati Arsenal tanpa kalah.

Bahkan, enam laga terakhir mampu dimaksimalkan dengan kemenangan beruntun. Korban terkini adalah Swansea. Theo Walcott yang menjadi pahlawan kemenangan Arsenal di laga itu lewat dua golnya.

Walcott yang dipercaya mendampingi Mesut Ozil dan Alex Iwobi sebagai gelandang serang mampu membayar kepercayaan Arsene Wenger lewat penampilan apiknya. Gol pertama didapat setelah ia menerima umpan sundulan Bellerin dan melanjutkannya dengan menceploskan bola ke gawang Lukasz Fabianski di menit ke-26.

Hanya berselang tujuh menit, Walcott kembali membuat publik Emirates bergemuruh. Berawal dari sepak pojok, sempat terjadi sebuah kebingungan di lini belakang Swansea. Walcott memanfaatkan situasi itu dengan mengarahkan bola ke gawang Fabianski untuk kali kedua.

Swansea sendiri bukan tanpa perlawanan. Di menit ke-38, Gylfi Sigurdsson sukses mencetak gol ke gawang Petr Cech. Gol Sigurdsson membuat babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-1 Arsenal.

Di babak kedua, Arsenal tak menurunkan tempo permainan. Hanya butuh waktu hingga menit ke-57 bagi Arsenal untuk menambah keunggulan. Adalah Ozil yang mencatatkan namanya di papan skor setelah mengkonversi umpan Alexis Sanchez.

Mesut Ozil dan pemain Arsenal lainnya merayakan gol ke gawang Swansea, pada Sabtu (15/10/2016. (Reuters / Hannah McKay)

Swansea yang di tiga pertemuan sebelumnya tak pernah kalah di Emirates kembali memberikan perlawanan. Mereka mendapatkan gol kedua lewat Borja Baston di menit ke-66. Arsenal makin terancam setelah kehilangan Granit Xhaka yang diganjar kartu merah di menit ke-70.

Untungnya, keunggulan 3-2 Arsenal mampu dipertahankan hingga pertandingan bubar. Tambahan tiga poin membawa Arsenal menempel Manchester City dari posisi kedua klasemen. The Gunners hanya dipisahkan selisih gol dengan City.

Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Cech; Monreal, Koscielny, Mustafi, Bellerin, Ozil (Gibbs 83), Cazorla, Xhaka, Walcott, Sanchez (Oxlade-Chamberlain 82), Iwobi (Coquelin 68)

Swansea (4-4-1-1): Fabianski; Naughton, Taylor, Fernandez, Amat, Routledge, Cork (Sung-Yeung 71), Fer, Britton (Baston 60), Sigurdsson, Barrow (Rangel 83)