Sukses

Operasi Sukses, Pedrosa Ingin Cepat Kembali ke Lintasan MotoGP

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap tim MotoGP, Honda, Dani Pedrosa, mengucapkan terima kasih kepada Dr Victor Marlet dan timnya dari Catalan Institute of Traumatologi dan Sports Medicine (ICATME). Itu setelah operasi tulang selangka kanan berhasil dilakukan di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Barcelona, Spanyol, Sabtu (15/10/2016) kemarin waktu setempat.

"Sekarang saatnya untuk pulih dan kembali turun ke lintasan secepat mungkin," jelas Pedrosa, dikutip dari akun Twitter, Minggu (16/10/2016).

Pedrosa mengalami kecelakaan hebat di menit terakhir sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Twin Ring Motegi, jelang MotoGP Jepang, Jumat (14/10/2016) siang WIB. Pembalap Honda itu terpental dari motor dan tubuhnya menghantam krikil yang berada di pinggir trek.

Meskipun tubuhnya menghantam krilil, Pedrosa masih sanggup berjalan ke pusat medis dengan dibantu petugas sirkuit. Dari hasil pemeriksaan dia mengalami cedera tulang selangka kanan (rusak empat bagian) dan tim akhirnya memutuskan untuk memulangkannya ke Spanyol.

Pedrosa tiba di Barcelona pada Sabtu (15/10/2016). Sorenya, pembalap MotoGP berusi 31 tahun itu naik meja operasi dengan ditangani oleh Dr Victor Marlet berhasil mengobati cedera.
1 dari 2 halaman

Patah Tulang Selangka

"Dari hasil pemeriksaan CT-Scan bahwa pasien Dani Pedrosa menderita patah tulang selangka terdiri dari empat fragmen, dengan pemendekan signifikan dari sepertiga tengah klavikula kanan," ujaar Dr Victor.

Dia juga menyebut, pemindaian mendeteksi fraktur supcapital dari fibula kanan tanpa perpindahan, hanya membutuhkan imobilisasi. "Sebuah operasi bedah dilakukan pada klavikula kanan, melibatkan pengurangan terbuka dan Kami memasang plat titanium sebagai langkah memperbaiki cedera tersebut dan hasilnya memuaskan," dia melanjutkan.

Selanjutnya tim dokter akan mengevaluasi perkembangan kondisi Pedrosa pasca operasi. "Tim dokter selanjutnya akan mengevaluasi kemajuan Pedrosa selama beberapa hari mendatang," ujarnya.
(David Permana)